5 Cara Alami Mengatasi Anak Demam

Obat yang diperuntukan bagi anak demam memang memiliki jenis dan macam yang sangatlah banyak, dan bisa dengan mudah di peroleh di apotik. Akan tetapi, banyak diantaranya bunda yang menghindari untuk menggunakan obat-obatan tersebut dan hanya akan menggunakannya jika suhu tubuh si kecil benar-benar tinggi.

Bahan dasar yang di gunakan untuk meredakan atau mengatasi anak demam pada umumnya berbahan dasar parasetamol atau ibuprofen. Dan kedua jenis obat ini memiliki efek samping, misalkan seperti parasetamol bisa dikaitkan dengan asam, sedangkan untuk ibuprofen bisa menyebabkan sakit maag serta masalah ginjal.

anak demam

Jika anak demam tidak terlalu parah, maka sebaiknya bunda menggunakan cara mengatasi anak demam dengan cara yang alami, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Kompres di dahi

Mengkompres bagian dahi merupakan salah satu cara yang paling umum di lakukan kerika anak demam, karena cara ini merupakan cara yang paling mudah serta efektif. Bunda bisa mengkompres dahi si kecil dengan handuk basah yang dingin, atau untuk lebih praktis, bunda bisa membeli alat kompres yang memang banyak tersedia di apotik. Dan kompresan dengan menggunakan air dingin ini bisa menurunkan suhu di bagian kepala si kecil, sehingga si kecil akan merasa lebih tenang dan nyaman.

  1. Pijat dengan ramuan herbal

Bunda bisa mencampurkan minyak kayu putih yang di satukan dengan 2-3 parutan bawang merah, tambahkan seiris jeruk nipis. Jika minya putih dirasa terlalu keras, maka bunda bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Dan jeruk nipis juga bisa bunda ganti dengan asam jawa. Pijatlah tubuh si kecil dengan menggunakan ramuan yang bunda buat ini, terutama bagian punggung, dada juga perut.

  1. Cegah dehidrasi, minum banyak cairan

Salah satu efek samping anak demam yaitu dehidrasi pada tubuh atau di sebut juga dengan kurangnya cairan pada tubuh si kecil. Maka bunda bisa memberikan minum yang banyak kepada si kecil. Atau bunda juga bisa memberikan makanan berkuah kaldu, the herbal seperti the jahe atau bahkan the madu.

  1. Bangun imun atau kekebalan tubuh

Bunda bisa memberikan si kecil makanan yang memiliki gizi yang cukup tinggi, hal ini di lakukan agar daya tahan tubuh si kecil jauh lebih baik. Demam yang terjadi pada anak bisa membuat selera makan si kecil menjadi menurun, oleh karena itu bunda harus memastikan kalau makanan yang ia konsumsi memiliki gizi yang cukup.

  1. Anak harus banyak tidur dan istirahat

Istirahat juga bisa membuat suhu tubuh si kecil mereda. Jika si kecil terus aktif bergerak, maka keadaan tubuh si kecil akan menjadi lelah dan temperature suhu tubuh bisa meningkat. Jika si kecil tidak mau tidur atau tidak mau beristirahat, maka bunda bisa mencoba untuk memutar acara TV yang disenangi si kecil dan mintalah ia untuk berbaring.

Itulah beberapa cara alami yang bisa bunda terapkan ketika anak demam. Semoga cara yang kami berikan kali ini bisa membantu bunda semua dalam mengatasi si kecil yang tengah demam.

Related Posts

Share This