5 Alternatif Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Menjaga pola makan pada waktu hamil merupakan salah satu hal yang sangat penting. Tidak bisa di pungkiri bahwa makanan merupakan salah satu faktor yang akan memberikan dampak terhadap kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Ibu hamil harus selektif dan tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang mempunyai kebiasaan ngemil. Kegiatan tersebut tidak dilarang selama hamil dengan catatan cemilanyang dikonsumsi termasuk ke dalam kategori cemilan sehat dan bergizi.

Berikut Aneka Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

  1. Sereal gandum

Salah satu cemilan ibu hamil yang dianjurkan yaitu sereal gandum. Seperti yang kita ketahui bahwa gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat komplek yang memiliki indeks glikemik rendah. Dengan mengkonsumsi gandum maka pola makan ibu hamil akan lebih teratur karena memberikan efek kenysng lebih lama.

  1. Buah-buahan

Cemilan sehat untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu buah-buahan. Anda bisa memilih jenis buah seperti apel, pisang, pir, mangga dan jenis buah yang lainnya. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa membuat kreasi dari buah-buahan seperti salad buah, jus buah ataupun keripik buah. Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksodan untuk meningkatkan sistem imun. Dengan mengkonsumsin buah-buahan secara rutin maka sangat berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

  1. Keripik ubi

Keripik ubi bisa menjadi salaha satu pilihan cemilan sehat yang bisa Anda konsumsi pada waktu hamil. Ubi mengandung vitamin A yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin. Selain itu, vitamin A berperan penting dalam membantu pembentukan sel-sel tubuh.

  1. Keripik buah mangga

Buah mangga tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus. Buah mangga bisa diolah menjadi keripik yang enak dan renyah. Cemilan keripik mangga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Mangga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Selain itu, vitamin C pada buah mangga sangat efektif untuk menjaga kesehatan ibu hamil karena berperan penting sebagai antioksidan.

  1. Keripik bayam

Bayam mengandung zat besi, vitamin dan mineral penting lainnya yang berguna untuk menjatga kesehatan dan menunjang tumbuh kembang janin di dalamkandungan. Bayam bisa Anda ljadikan sebagai cemilan sehat pada waktu hamil dengan cara diolah menjadi keripik bayam yang enak dan renyah.

Nah, itulah beberapa jenis cemilan yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi pada waktu hamil. Ngemil pada waktu hamil tidak dilarang asalakan makanan yang dikonsumsi tidak membahayakan janin di dalam kandungan. Selain itu, cemilan yang dipilih harus senantiasa memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang berguna untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Related Posts

Share This