4 Tips Menjaga Kesehatan Supaya Tidak Gampang Sakit

Perubahan musim adalah salah satu hal yang menjadi penyebab tubuh Anda lebih mudah terserang infeksi virus penyakit. Bahkan terkadang kondisi sistem kekebalan tubuh akan melemah sehingga menyebabkan seseorang lebih mudah terserang penyakit pada saat pergantian cuaca. Perubahan cuaca yang berganti-ganti cenderung akan memicu pertumbuhan virus dan bakteri menjadi lebih cepat. Nah, maka dari itu pada kesempatan ini penulis anak berbagi tips menjaga kesehatan menghadapi perubahan cuaca.

Tidak mengherankan jika memasuki pergantian cuaca banyak orang yang lebih mudah terserang virus penyakit. Hal ini mengingat temperature yang tidak menentu mengakibatkan sistem pertahanan tubuh melemah. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih cerdas dalam menyiasati dan menerapkan strategi dalam menjaga kondisi tubuh.

Berikut Tips Rahasia Menjaga Kesehatan Supaya Tidak Gampang Sakit

  1. Tidur Siang

Tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu untuk meningkatkan pasokan energi tubuh. Waktu yang paling ideal kuntuk tidur siang yaitu dari jam 1 sampai jam 3 sore. Sebab pada waktu tersebut tubuh manusia membutuhkan istirahat. Jika kekurangan tidur maka akan menyebabkan kinerja sel-sel didalam tubuh menurun. Selain itu, kekurangan tidur akan menyebabkan penumpukan kalsium di dalam darah dan mengurangi hormone pertumbuhan. Tidur siang sangat efektif untuk menjaga kondisi sistem kekebalan tubuh supaya tetap bekerja dengan baik sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

  1. Biasakan Mandi Dengan Air Dingin

Mandi dengan air hangat diyakini akan memberikan dampak positif untuk tidur nyenyak. Akan tetapi dalam sebuah studi menjelaskan bahwa mandi dengan air dingin akan memberikan efek positif dalam memperlancar sirkulasi darah, memulihkan kondisi tubuh, memperkuat kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mandi dengan air dingin akan membuat kadar antioksidan dan kadar glutathione di dalam tubuh meningkat. Hal ini tentunya akan membuat tubuh Anda selalu dalam keadaan bugar.

  1. Perhatikan Porsi Makan

Mengurangi porsi makan sebanyak 25% dinilai sebagai salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena bisa menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Namun dalam hal ini yang perlu Anda kurangi adalah porsi dari makanan tersebut bukan kandungan gizinya. Konsumsi makanan dengan porsi sedang namun dengan kandungan gizi yang seimbang.

Makanan dengan kandungan gizi seimbang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menghindarkan Anda dari gangguan kesehatan di pergantian musim. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran karena mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi.

  1. Pererat Ikatan Sosial

Hal ini mungkin terlihat sepele dan menurut banyak orang dinilai sebagai hal yang tidak mungkin. Perlu Anda ketahui bahwa orang-orang yang memiliki ikatan sosial tinggi cenderung akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang labih baik dan tidak akan mudah terserang penyakit. Hal ini karena ikatan sosial yang baik akan membuat hidup lebih bahagia sehingga membuat sirkulasi darah dan emosi lebih stabil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517