4 Tips Jitu Untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Pada Waktu Belajar

Pada saat ini mungkin sebagian dari Anda mempunyai anak yang masih dalam tahap sekolah dasar ataupun sekolah menengah. Anak yang masih sekolah terutama anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar pastinya mempunyai tugas dari gurunya. Belajar merupakan salah satu tugas anak dalam masa pertumbuhannya. Terkadang sebagian orangtua mengalami berbagai macam kendala dalam mendidik anak. Salah satunya yaitu menghadapi keluhan anak yang kesulitan untuk berkonsentrasi dalam belajar.

Meningkatkan Konsentrasi Anak Pada Waktu Belajar

Kesulitan berkonsentrasi yang dialami oleh anak-anak tentu akan mempengaruhi prestasinya di bidang akademik. Permasalahan konsentrasi pada anak-anak diindikasikan sebagai perhatian yang mudah pecah dan teralih. Apabila hal tersebut terjadi pada anak Anda sebaiknya menyikapi hal tersebut dengan sangat bijak. Jika perhatian atau fokus anak mudah teralihkan dengan keadaan sekitar ketika sedang belajar maka hal tersebut merupakan kondisi yang wajar. Hal ini karena anak-anak sedang dalam tahap belajar sehingga rasa ingin tahunya sangat tinggi. Akan tetapi apabila fokus anak terus menerus terganggu dan tidak bisa berkonsentrasi makan hal tersebut harus segera diatasi.

Tips Untuk Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak Pada Waktu Belajar

  • Usakan supaya anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup

Langkah pertama untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar yaitu dengan memberikan waktu istirahat yang cukup pada anak. Anda jangan memaksa anak untuk terus menerus untuk belajar. Hal ini akan membuat anak merasa jenuh sehingga tidak akan bisa fokus dalam belajar. Salah satu contohnya ketika anak pulang sekolah berikan waktu istirahat untuk tidur siang sehingga kondisi otak dan fisiknya akan kembali segar. Hal ini tentunya akan membuat anak lebih nyaman ketika disuruh belajar dan mengerjakan tugas pada malam hari. Dalam hal ini kualitas tidur dan waktu istirahat yang cukup sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi anak.

  • Menciptakan posisi belajar yang nyaman bagi anak

Nah, yang selanjutnya untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi anak dalam belajar yaitu dengan menciptakan suasana serta posisi belajar yang nyaman. Usahakan supaya anaktidak belajar dalam posisi tiduran atau nonton televisi. Hal ini tentunya akan mengganggu konsentrasi anak sehingga mereka lebih terfokus dengan hal lain. Ajarkan pada anak untuk belajar dengan posisi duduk tegak dan nyaman.

  • Jauhkan anak dari televisi atau gadget

Anak-anak biasanya lebih senang nonton televisi dan maen game di handphone. Ketika disekitar anak ada televisi ataupun gadget  pada waktu belajar maka fokus anak akan terbagi sehingga tidak akan belajar dengan baik. Oleh karena itu pada waktu belajar sebaiknya Anda menjauhkan televisi ataupun handphone supaya anak bisa lebih berkonsentrasi dengan pelajaran.

  • Ajarkan pada anak untuk senantiasa menyelesaikan tugas dari sekolah

Supaya konsentrasi anak tidak terbagi dengan hal lain maka biasakan dan tanamkan dalam diri anak untuk mendahulukan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah. Anda sebagai orangtua jangan menyuruh anak untuk mengerjakan pekerjaan yang lain sebelum dia menyelesaikan tugas dari sekolah. Apabila Anda menyelingi waktu belajar anak dengan menyuruhnya mengerjakan pekerjaan lain maka hal ini akan mengakibatkan konsentrasi anak terpecah.

Itulah 4 tips jitu dalam meningkatkan konsentrasi anak pada waktu belajar. Cara-cara diatas diharapkan dapat membuat anak lebih berkonsentrasi dalam belajar sehingga mereka bisa lebih berprestasi dalam bidang akademik.

Related Posts

Share This