4 Tips Diet Sehat Setelah Melahirkan

Halo bunda, di artikel kali ini kami akan membahas cara untuk diet sehat yang bisa bunda lakukan dengan senang hati di rumah. Masa kehamilan merupakan masa-masa yang penuh dengan perubahan, terutama perubahan secara fisik bagi ibu yang mengalaminya. Dan salah satu perubahan yang kerap dialami oleh ibu hamil yaitu adanya perubahan hormonal, naiknya berat badan, serta adanya pertambahan usia. Dan karena adanya ketidak seimbangan inilah yang menyebabkan proses penurunan berat badan setelah melahirkan akan sangat sulit dan berjalan sangat lambat. Dan hal ini disebabkan oleh adanya metabolism yang melambat, sehingga terjadinya penumpukan lemak yang terus menerus terjadi, padahal berat badan yang lama masih belum berkurang.

Guna mengatasi masalah ini, terutama pada ibu yang baru melahirkan, maka sangat dianjurkan untuk Anda memilih menu diet sehat yang memang tidak akan mempengaruhi produksi ASI Anda. Karena pastinya ketika Anda akan melakukan diet sehat setelah melahirkan, Anda masih ada dalam masa menyusui si kecil.

Dan berikut ini ada beberapa cara diet yang baik yang bisa ibu lakukan setelah ibu melahirkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari diet ketat

Diet yang dilakukan sangat ketat justru bisa membuat metabolism semakin melambat, hal ini dikarenakan adanya asupan makanan yang berkurang secarang drastic, seakan bisa memberikan sinyal kepada tubuh untuk tetap irit bahan bakar. Ketika Anda ingen menurunkan berat badan pasca melahirkan, maka sebaiknya Anda memilih cara diet sehat yang memang sesuai dengan gaya hidup serta pola makan yang sehat bagi Anda.

  1. Makan sering dalam porsi kecil

Anda bisa mencoba untuk makan sebanyak 5-6 kali dalam satu hari, namun dalam porsi yang sangat kecil. Cara yang Anda lakukan ini bisa merangsnag tubuh Anda untuk lebih sering melakukan pembakaran kalori, yang pada akhirnya bisa mempercepat metabolisme dengan cara yang bertahap, sehingga keadaan badan bisa lebih cepat langsing juga sehat. Anda juga jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kaya akan serat juga nutrisi yang seimbang.

Baca juga : Diet Sehat Bagi Wanita Setelah Melahirkan

  1. Tingkatkan masa otot

Pembakaran kalori akan terjadi lebih banyak terhadap orang yang memang memiliki masa otot yang tinggi, sehingga metabolisme juga akan semakin tinggi. Anda bisa mencoba untuk berlatih beban di waktu senggang yang Anda miliki, mungkin Anda bisa menggunakan barbell yang ringan sekitar 1-2 kg agar tubuh Anda menjadi lebih kencang dan kaloripun bisa lebih banyak terbakar.

  1. Istirahat yang cukup

Hasil dari sejumlah penelitian medis menyatakan, bahwa keadaan tubuh yang terlalu lelah serta kurangnya porsi tidur bisa meningkatkan produksi insulin yang ada di dalam tubuh, sehingga tubuh akan jauh lebih cenderung mengalami penumpukan lemak dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda harus mengusahakan untuk memiliki porsi tidur yang cukup, setidaknya 6-8 jam setiap harinya. Namun bagi ibu yang memang baru memiliki bayi, Anda bisa tidur bersama si kecil ketika si kecil sedang tidur di siang hari, hal ini jika di malam hari Anda perlu bangun beberapa kali untuk menyusui si kecil.

Related Posts

Share This