4 Tips Cepat Tidur yang Bisa Anda Terapkan Untuk Anak

Tips cepat tidur untuk anak memang salah satu hal yang sangat penting untuk diterapkan setiap orang tua. Hal ini karena kebiasaan begadang setiap malam sejatinya adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan anak. Bahkan jika terjadi secara terus menerus bisa mengakibatkan gangguan pada tumbuh kembangnya. Anak yang sering terjaga pada malam hari sebaiknya ditangani dengan baik dan benar supaya tidak mengganggu kesehatannya secara fisik dan mental.

Adanya energi yang sangat besar menjadi salah satu pemicu si kecil kesulitan untuk tidur dengan nyenyak pada malam hari. Namun tentu saja kondisi ini bisa Bunda siasati dengan berbagai cara supaya si kecil cepat ngantuk pada malam hari. Apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat si kecil lebih mudah mengantuk? Berikut ini penjelasannya!

Tumbuhkan Imajinasi Lewat Dongeng

Nah, salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil lebih mudah mengantuk pada malam hari yaitu dengan menumbuhkan daya imajinasinya lewat dongeng. Ini adalah salah satu tips cepat tidur yang bisa dicoba dan diaplikasikan. Cobalah untuk membacakan dongeng dengan suara yang menyenangkan dan menenangkan. Namun sebelumnya usahakan supaya posisi si kecil dalam keadaan nyaman dan siap untuk tidur. Begitu dibacakan cerita dengan penuh penghayatan maka secara perlahan si kecil akan lebih mudah mengantuk sehingga cepat tidur.

Perhatikan Nada Suara Anda

Ketika membacakan cerita untuk anak, jangan menggunakan suara yang terlalu pelan karena perhatian anak tidak akan terfokus pada apa yang Anda bacakan untuknya. Gunakan nada suara yang sedikit keras namun lembut dan penuh penghayatan. Dengan nada suara yang enak maka akan membuat si kecil merasa lebih nyaman untuk berimajinasi dan menikmati sebuah cerita. Kondisi ini tentunya secara perlahan akan membuat anak cepat tertidur.

Permainan Menyusun Balok

Tips cepat tidur untuk anak yang selanjutnya yaitu dengan mengajaknya bermain balok atau bermainm pasir. Biarkan si kecil menyusun balok-balok dan pasir sesuai keinginannya. Lama kelamaan permainan ini akan membuat anak lebih mudah untuk lelah sehingga cepat mengantuk. Tambahkan juga musik atau lagu yang bernada menenangkan sehingga akan membuatnya lebih tenang dan cepat merasa kantuk.

Mewarnai

Selanjutnya supaya si kecil cepat tidur nyenyak yaitu dengan mengajaknya mewarnai sebuah gambar. Permainan ini akan menjadi salah satu langkah yang menenangkan untuk si kecil. Tindakan ini bisa menjadi salah satu terapi yang menenangkan otak anak sehingga mampu membuat perasaanya lebih nyaman. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu rutinitas untuk anak sebelum tidur.

Musik

Membacakan cerita sambil memutar lagu dengan alunan nada yang lembut tentunya akan membuat si kecil lebih tenang dan nyaman. Banyak music yang bergenre menenangkan yang bisa Anda putarkan untuk anak guna membuatnya menjadi lebih tenang. Terapi music ini bahkan tidak hanya berlaku untuk anak-anak, untuk orang dewasa yang kesulitan tidur pada malam hari bisa memanfaatkan music sebagai media untuk membuat tidur lebih nyenyak atau dengan kata lain lebih mudah untuk mengantuk.

Nah, itulah beberapa tips cepat tidur untuk anak yang bisa Bunda terapkan jika mendapati si kecil sulit tidur dan rewel pada malam hari. Selain beberapa hal tersebut, perhatikan juga kebutuhan si kecil sebelum tidur, pastikan si kecil tidak dalam keadaan lapar dan usahakan tempat tidurnya senyaman mungkin. Dengan begitu maka si kecil akan merasa lebih nyaman untuk tidur pada malam hari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517