4 Tips Agar Anak Gemar Membaca Sejak Dini

Pepatah mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Hal ini memang benar adanya sebab dengan membaca sebuah buku maka akan memberikan beraneka ragam informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan. Selain itu, dengan rajin membaca akan menambah wawasan mengenai hal-hal yang bermanfaat. Namun terkadang banyak orang yang malas untuk membaca buku karena tidak dibiasakan sejak kecil. Oleh karena itu penulis akan memberikan tips cerdas agar anak gemar membaca sejak dini.

Menumbuhkan minat baca pada anak memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Biasanya anak-anak cenderung lebih menyukai aktivitas lain yang lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan kegiatan membaca. Dalam hal ini diperlukan trik dan cara khusus sehingga anak menyukai untuk membaca buku.

Mengajarkan kebiasaan gemar membaca akan menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua dan pendidik di sekolah. Pentingnya menumbuhkan minat baca harus dilakukan sejak dini supaya ketika tumbuh dewasa akan menjadi kebiasaan yang akan selalu dilakukan oleh anak. Nah, salah satu hal yang harus Anda lakukan dalam menumbuhkan minat baca pada anak yaitu harus menciptakan suasana yang menyenangkan.

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia anak merupakan dunia bermain. Tidak mengherankan jika kebanyakan anak-anak lebih cenderung menghabiskan waktu untuk bermain dibandingkan dengan kegiatan lain. Kondisi ini memang hal yang alamiah terjadi pada anak. Namun meskipun begitu tetap saja Anda harus bisa mengarahkan supaya anak bisa melakukan hal bermanfaat selain bermain.

Mengingat dunia anak adalah dunia bermain maka untuk mengajarkan kebiasaan gemar membaca bisa Anda lakukan dengan metode bermain sambil belajar. Cara ini dinilai lebih efektif dalam menarik minat anak-anak. Cipatakan permainan yang menyenangkan dan selipkan kegiatan membaca didalamnya. Dengan begitu secara tidak langsung si kecil akan mulai terbiasa untuk membaca buku.

Inilah Tips Untuk Menarik Minat Baca Pada Anak

  1. Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Salah satu cara untuk memperkenalkan kegiatan membaca pada anak bisa Anda mulai dengan membacakan dongeng sebelum tidur. Ketika Anda membacakan sebuah dongeng dengan intonasi yang penuh penghayatan akan membuat anak merasa ingin tahu. Dengan begitu secara perlahan akan membuat si kecil tertarik untuk membaca sendiri buku tersebut.

  1. Menjadi Teladan Yang Baik

Anda sebagai orangtua hendaknya memberikan contoh yang baik pada anak untuk membaca buku. Luangkan waktu untuk membaca buku sambil bersantai setalah bekerja. Jika kegiatan ini secara rutin dilakukan depan anak maka akan menarik minat anak untuk mengikuti kebiasaan Anda dalam membaca buku.

  1. Letakkan Buku Ditempat Yang Mudah Dijangkau Oleh Anak

Untuk mendukung minat anak dalam membaca buku maka sebaiknya taruh buku ditempat yang lebih mudah untuk dijangkau. Sediakan rak buku kecil dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi. Dengan begitu maka sewaktu waktu si kecil bisa mengambilnya.

  1. Buku Sebagai Hadiah

Sesekali tidak ada salahnya jika Anda memberikan buku pada anak sebagai hadiah. Pilihlah buku yang menarik sesuai dengan usianya. Hal ini mungkin terlihat sepele namun merupakan langkah awal untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Related Posts

Share This