4 Solusi Jitu Untuk Mengatasi Sembelit Pada Anak

Tidak hanya orang dewasa, sembelit juga bisa dialami oleh anak-anak. Sembelit merupakan gangguan pada sistem pencernaan sehingga mengakibatkan susah buang air besar. Anak-anak dikatakan sembelit apabila intensitas buang air kurang dari tiga kali dalam seminggu dan kotoran yang keluar bertekstur keras sehingga anak kesakitan.

Konstipasi atau sembelit bisa terjadi pada anak-anak selama beberapa hari dan bahkan bisa sampai hitungan bulan apabila kondisi pencernaan tak kunjung membaik. Pada dasarnya sembelit tidak membutuhkan perawatan ataupun pencegahan khusus. Faktor utama yang menyebabkan sembelit adalah pola makan yang tidak sehat dan kurang bergerak.

Mengatasi Sembelit Pada Anak

Hal yang menyebabkan sembelit pada anak salah satunya pola makan dan kurangnya asupan makanan yang mengandung serat. Selain itu, kurangnya asupan cairan berpengaruh terhadap kinerja sistem pencernaan. Pada dasarnya fungsi cairan di dalam sistem pencernaan yaitu untuk membantu pergerakan usus.

Penyebab Umum Sembelit Pada Anak

Pada umumnya sembelit yang dialami oleh sebagian besar anak diakibatkan oleh kebiasaan dan pola makan yang tidak sehat. Selain itu ada beberapa penyebab lain yaitu:

  • Kekurangan asupan cairan
  • Minimnya asupan makanan yang mengandung serat seperti sayur atau buah
  • Membiasakan makan makanan yang tidak sehat seperti junkfood
  • Faktor genetik atau turunan
  • Kebiasaan anak yang suka menahan dan menunda buang air besar
  • Kondisi pikiran dalam keadaan stres
  • Sindrom iritasi pada usus

Seorang anak yang megalami sembelit biasanya mengeluhkan rasa sakit ketika buang air besar dan terkadang disertai dengan keluarnya darah. Hal ini karena tekstur feses yang keras sehingga melukai bagian anus. Selain itu, anak yang mengalami sembelit biasanya mengeluh perut kembung dan terasa penuh karena kotoran yang menumpuk di dalam usus.

Solusi Untuk Mengatasi Sembelit

Pada sebagian kasus, sembelit pada anak bisa disembuhkan dengan menerapkan pola makan sehat dengan memberikan asupan makanan yang bergizi dan mengandung serat. Dalam hal ini diperlukan kesabaran karena maslah pencernaan tersebut tidak bisa pulih dalam sekejap. Berikut ini ada solusi yang bisa Anda lakukan.

  1. Penuhi kebutuhan cairan. Salah satu cara untuk mengatasi dan mencegah sembelit pada anak-anak yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini untuk membantu dan memudahkan pergerakan usus dalam mengeluarkan feses. Penuhi kebutuhan cairan tubuh anak dengan membiasakan untuk mengkonsumsi air mineral. Selain itu, Anda juga harus membatasi anak supaya tida mengkonsumsi minuman kaleng dan mengandung soda.
  2. Berikan asupan makanan berserat. Kekurangan makanan yang mengandung serat merupakan penyebab sembelit pada anak. Makanan berserat mempunyai peranan penting dalam membantu melancarkan sistem pencernaan. Namun terkadang makanan yang mengandung serat seperti sayuran tidak disukai oleh anak-anak. Maka dari itu sebaiknya Anda lebih kreatif dalam menyajikan makanan tersebut supaya anak-anak lebih menyukainya.
  3. Usahakan supaya anak tidak menahan keinginan buang air besar. Kebiasaan anak yang suka menahan buang air besar menjadi pemicu sembelit. Ajari anak Anda untuk pergi ke toilet apabila sudah merasa ingin buang air. Ketika sudah terbiasa si kecil akan mengerti untuk buang air dengan segera sehingga hal ini meminimalisir terjadinya konstipasi atau sembelit pada anak.
  4. Mengajak anak untuk berolahraga. Banyak bergerak atau berolahraga akan berdampak baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena olahraga akan membantu gerak peristaltic pada usus. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda membiasakan untuk mengajak anak berolahraga.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517