4 Pilihan Cara Menidurkan Bayi

Hai bunda! Perlu bunda ketahui bahwa bayi memiliki keunikan yang berbeda dalam proses pertumbuhan serta perkembangannya. Sama halnya dalam membiasakan waktu tidur serta cara menidurkan bayi yang du gunakan agar membuat si kecil bisa tertidur dengan sangat lelap.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara menidurkan bayi yang rewel. Cara-cara di bawah bisa Anda terapkan ketika si kecil susah untuk tertidur, yaitu sebagai berikut:

  1. Metode ferberizing

Metode atau cara ini merupakan salah satu cara dari serangkaian cara menidurkan bayi. Caranya yaitu hanya membiarkan si kecil menangis sampai ia benar-benar tertidur. Walaupun banyak diantaranya orangtua yang justru tidak pernah menggunakan cara ini, dengan alasan membuat si kecil merasa tidak nyaman serta akan menangis dengan sangat keras. Namun metode atau cara ini bisa Anda lakukan dengan catatan Anda mengetahui jadwal anak tidur. Sehingga ketika si kecil menangis ketika waktunya untuk tidur, maka Anda bisa membiarkan si kecil untuk menangis lebih panjang dari biasanya.

Nah, bagi Anda yang akan menggunakan cara ini, maka Anda bisa memulainya dengan rutinitas di malam hari, sehingga bisa membantu Anda dalam menciptakan suasana yang tenang bagi si kecil dan menandakan waktunya tidur sudah tiba. Bahkan Anda bisa mengagendakan waktu setiap malamnya ketika si keicl tengah mengantuk atau bahkan sebelum ia mengantuk, sehingga akan terbiasa.

  1. Metode No Cry

Cara ini lebih menitik beratkan antara kedekatan bayi atau anak dengan Anda sebagai orangtuanya, sehingga Anda bisa menguranginya dengan cara yang bertahap. Bahkan cara ini juga sangat cocok bagi Anda yang memang tidak menginginkan is kecil menangis di malam hari, tidak keberatan untuk bangun sepanjang malam, atau bahkan bagi Anda yang justru menginginkan terjadinya kontak fisik antara Anda dengan si kecil. Hal terpenting yang harus Anda perthatikan dalam melakukan cara ini yaitu menjaga waktu dengan cara yang konsisten serta melakukan rileksasi yang menegangkan bagi si kecil.

  1. Metode Long Good Bye

Cara ini bisa Anda lakukan agar Anda memiliki batasan dengan menggunakan cara yang perlahan dengan si kecil. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan, sehingga Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih panjang dari biasanya. Cara yang Anda lakukan yaitu, Anda cukup membaringkan si kecil di atas kasur sampai si kecil benar-benar merasa ngantuk, bahkan ketika si kecil rewel, maka Anda bisa menepuk-nepuk dengan lembut sampai keadaan si kecil lebih tenang.

  1. Metode Self Soothing

Cara ini dilakukan dengan membiarkan si kecil untuk tidur sendiri dengan membiasakan agenda tidur serta menenangkannya dengan verbal. Cara ini sangat cocok digunakan ketika Anda ingin mengatur si kecil dengan cara personal agar si kecil bisa tetap dalam keadaan tenang. Ketika menerapkan cara ini, Anda bisa memulainya dengan melakukan ritual yang memang bisa mendukung metode atau cara ini, misalkan dengan memandikna si kecil dengan menggunakan air hangat, keadaan lampu yang redup serta membacakan buku cerita sehingga membuat si kecil merasa lebih tenang dan nyaman.

Related Posts

Share This