4 Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 8 Bulan, Bahayakah Untuk Kesehatan?

Kaki bengkak saat hamil 8 bulan merupakan salah satu kondisi yang wajar terjadi pada ibu hamil yang akan memasuki masa persalinan. Kaki bengkak saat hamil ini umumnya akan terjadi ketika usia kehamilan menginjak usia 24 minggu atau bahkan bisa juga terjadi ketika usia kehamilan menginjak usia 28 minggu ketasa, dimana masa persalinan sebentar lagi. Hampir sebagian besar bumil akan mengalami kondisi ini, pembengkakan atau disebut juga dengan edema akan terjadi di sekitar tungkai juga bagian mata kaki bumil.

Penyebab umum dari pembengkakan kaki yaitu adanya cairan yang berkumpul yang kemudian tertahan di beberapa bagian tubuh, sehingga menyebabkan hamil 8 bulan kaki bengkak. Bukan hanya itu, ternyata selain adanya cairan yang berkumpul dan tertahan, ternyata masih ada beberapa penyebab lainnya yang memang bisa menyebabkan kaki bengkak. Dan sayangnya, masih banyak diantaranya ibu hamil yang tidak menyadari kondisi tersebut.

Nah, di bawah ini ada beberapa penyebab kaki bengkak pada ibu hamil 8 bulan yang patsinya harus di ketahui serta di pahami dengan jelas, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Beban Yang Berat

Salah satu penyebab terjadinya pembengkakan pada kaki di masa kehamilan yaitu kondisi kaki yang menerima beban yang jauh lebih berat dari biasanya. Dan hal ini dikarenakan ketika Anda hamil, berat badan Anda terus meningkat secara drastis seiring dengan berkembang juga pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Dan itulah mengapa kaki ibu hamil menjadi bengkak.

2. Kaki Banyak Cairan

Di masa kehamilan, setiap harinya kondisi rahim akan terus membesar. Dan kondisi rahim yang terus membesar inilah yang menyebabkan terjadinya penimbunan cairan pada kaki, dan kondisi inilah yang menyebabkan kaki menjadi membengkak.

3. Aliran Darah Tidak Lanca

Tersumbat serta terhambatnya pembuluh darah balik yang berada pada bagian kaki merupakan penyebab terjandinya pembengkakan pada kaki. Karena adanya bagian pembuluh darah yang terseumbat, maka aliran darah ke jantung mengalami yang namanya gangguan. Dan akibatnya kaki akan membengkak karena kondisi tersebut.

4. Kurang Gerak

Umumnya seorang ibu hamil yang mulai memasuki trimester terakhir akan sering berada dalam keadaan duduk serta tidak banyak melakukan aktivitas, terutama aktivitas yang berat. Dan keadaan ini patsinya akan membuat kaki ibu hamil menjadi bengkak. Mengapa? Hal ini dikarenakan adanya proses aliran darah yang berada pada kaki menjadi tidak lancar, sehingga kaki mengalami yang namanya pembengkakan.

Pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil sebenarnya bukanlah satu hal yang berbahaya untuk kesehatan ibu hamil juga janin dalam kandungan, karena kondisi tersebut juga merupakan kondisi umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Namun kondisi ini akan menjadi buruk dan berbahaya jika ditandai dengan beberapa ciri di bawah ini:

1. Otot kaki menonjol keluar

Salah satu tanda-tanda adanya bahaya pada pembengkakan kaki ibu hamil yiatu, ketika pembengkakan kaki disertai dengan adanya beberapa tonjolan otot di bagian kaki tersebut. Dan kondisi tersebut bisa saja menjadi salah satu pertanda, bahwa pembengkakan kaki pada ibu hamil telah berubah menjadi varises.

2. Rasa panas dan nyeri

Apakah bumil mengalami pembengkakan kaki yang disertai dengan rasa panas dan juga nyeri? Hati-hati bumil, karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan bahaya bagi Anda. Karena kondisi kaki yang bengkak yang disertai dengan rasa panas dan nyeri bukanlah satu hal yang normal lagi. Karena kondisi ini bisa disebabkan karena adanya kelainan. Nah guna mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter.

3. Preeklamsia

Sangat wajib untuk Anda ketahui, seperti apa kaki bengkak yang normal serta kaki bengkak yang tidak normal pada ibu hamil. Karena salah satu bentuk kaki bengkak yang tidak normal yaitu preeklamsia. Dan Anda harus bisa membedakan keduanya.

4. Selulitis

Selulitis merupakan salah satu tanda bahaya pembengkakan kaki pada ibu hamil yang berbahaya untuk kesehatan. Selulitis sendiri merupakan salah satu jenis infeksi sekaligus peradangan yang terjadi pada kulit. Dan bagi ibu hamil yang mengalami kondisi ini, sebaiknya segera mengkonsultasikan pada dokter, karena jenis infeksi ini bisa menyebabkan luka yang disertai dengan nanah yang bisa menjalar pada sekitar paha.

5. Trombosis

Bukan hanya itu, ternyata thrombosis juga bisa menjadi salah satu penyebab kaki bengkak yang bahaya yang harus Anda waspadai. Karena thrombosis ini merupakan pembengkakan yang terjadi pada kaki yang mana disertai dengan adanya pembengkakan pada pembuluh darah, terutama di daerah vena juga kaki.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517