4 Manfaat Menakjubkan yang Dimiliki Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan salah satu jenis obat umum yang biasanya selalu ada dan tersimpan di dalam kotak P3K, dan umumnya minyak kayu putih ini dijadikan sebagai obat masuk angin. Namun bukan hanya itu, ternyata minyak kayu putih ini juga memiliki manfaat lainnya yang sangat menakjubkan bagi kesehatan. Selain mampu mengeluarkan angin yang ada di dalam perut, minyak kayu putih ini juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit lainnya, seperti:

1. Mengatasi sinusitis

Anda mengalami masalah dengan radang sinus di bagian hidung? Anda tidak perlu panic mencari obat guna mengatasi kondisi tersebut, karena Anda bisa mengatsinya hanya dengan menggunakan minyak kayu putih. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyiapkan air hangat, kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Campurkan hingga rata, kemudian hiruplah uap yang dikeluarkannya, maka beberapa detik kemudian hidung Anda akan merasa lega. Hal tersebut dikarenakan minyak kayu putih memiliki sifat sebagai antibakteri yang mampu meredakan peradangan.

2. Sanitizer

Bukan hanya itu, ternyata minyak kayu putih juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan tangan. Hal ini dikarenakan minyak kayu putih memiliki kandungan mikroba yang memang bisa membunuh serta melawan sejumlah bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Maka dari itu, ketika Anda kehabisan sabun untuk mencuci tangan, maka Anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih ini.

3. Melegakan tenggorokan

Minyak kayu putih juga bisa meredakan tenggorokan Anda yang terasa sakit, caranya yaitu dengan berkumur menggunakan minyak kayu putih yang diseduh dengan air hangat. Mengapa bisa? Karena minyak kayu putih memiliki sifat sebagai anti-inflamasi, yang mana bisa membuat lendir yang ada di dalam tenggorokan menjadi luruh, sehingga bis akembali melancarkan sistem pernapasan. Bukan hanya itu, berkumur dengan menggunakan minyak kayu putih juga bisa membantu Anda dalam membersihkan bagian rongga mulut dari serangan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

4. Membersihkan jamur kaki

Kondisi kaki yang lembab karena keringat, tertutupnya kaki dengan sepatu juga kaus kaki setiap saat juga bisa menyebabkan udara menjadi tidak baik di sekitar kaki Anda. Dan kondisi ini bisa menjadi kaki berjamur. Cara termudah juga sederhana untuk mengatasi jamur pada kaki yaitu dengan merendam bagian kaki yang memiliki jamur dengan menggunakan air hangat yang telah Anda campurkan dengan minyak kayu putih, karena faktanya minyak kayu putih ini sangat ampuh untuk mengatasi bakteri juga jamur yang ada pada kaki.

Nah, itu dia beberapa manfaat yang dimiliki oleh minyak kayu putih yang memang bisa Anda gunakan setiap saat. Selain beberapa manfaat di atas, sebenarnya minyak kayu putih ini juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit lainnya yang menyerang Anda, seperti mengatasi pusing juga mual.

Related Posts

Share This