4 Manfaat Luar Biasa Kunyit Untuk Kesehatan Lambung

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang sudah tidak asing lagi dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Biasanya banyak orang menggunakan kunyit sebagai pewarna alami makanan. Sebagai contohnya sering kita jumpai makanan yang menggunakan pewarna alami dari kunyit yaitu nasi kuning.

kunyit memiliki banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang merupakan warna kuning pada kunyit. Kurkumin merupakan senyawa antioksidan atau anti imflamasi yang berkhasiat sebagai anti kanker. Manfaat air kunyit yang lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Lambung

Manfaat kunyit untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Rempah yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan yaitu menjaga tingkat keasaman sistem pencernaan. Manfaat kunyit yang lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Mencegah penumpukan gas

Salah satu manfaat luar biasa dari kunyit yaitu untuk mencegah penumpukan gas di dalam perut. Kandungan nutrisi pada kunyit mampu membersihkan saluran pencernaan dan mengeluarkan gas dari dalam perut. Disamping itu, kunyit membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi ke dalam usus.

  1. Menjaga kesehatan lambung

Tidak semua makanan yang kita konsumsi berguna untuk kesehatan lambung. Mungkin kita tidak menyadari ada beberapa jenis makanan yang bisa membahayakan kesehatan lambung dan memiliki sifat korosif atau mengikis dinding usus. Senyawa yang terkandung pada kunyit bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung dengan cara meningkatkan produksi lendir.

  1. Mengatasi sembelit

Masalah pencernaan seperti sembelit sering dialami oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena gerakan usus yang melambat sehingga mengakibatkan feses mengeras. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi air kunyit secara rutin. Kunyit berkhasiat untuk mengoptimalkan kinerja dan gerak peristaltik usus.

Baca juga: Beragam Khasiat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

  1. Mencegah masalah pencernaan

Manfaat kunyit yang lainnya yaitu untuk mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. Senyawa kurkumin pada kunyit berguna untuk membantu pelepasan empedu. Perlu Anda ketahui bahwa empedu memiliki peranan yang cukup signifikan dalam proses penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dan penyerapan lemak. Jika proses tersebut berjalan lancar maka Anda akan terhindar dari masalah pencernaan yang bermasalah.

Untuk mendapatkan khasiat yang luar biasa dari kunyit, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menambahkan ke dalam masakan. Selain itu, Anda juga bisa meminum langsung air perasan kunyit tersebut dengan racikan bahan lain. Untuk lebih praktis lagi, Anda bisa mendapatkan kunyit siap konsumsi dari para pedagang jamu.

Rutin mengkonsumsi ramuan kunyit tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, akan tetapi berkhasiat untuk mencegah penyakit lain seperti anemia, mencegah kanker ataupun darah tinggi. Konsumsilah kunyit secara teratur dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517