4 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Kacang hijau ini sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil juga janin dalam kandungan. Kacang hijau juga bisa diolah menjadi beragam jenis makanan lezat, seperti bubu kacang hijau, pudding, dan masih banyak algi.

Kacang hijau untuk ibu hamil juga memiliki kandungan protein nabati, serta merupakan sumber mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah kandungan protein yang terdapat dalam kacang hijau sangatlah besar, yaitu mencapai angka 24%.

Tidak heran, jika banyak ahli gizi atau bahkan dokter yang menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi jenis kacang ini secara rutin. Lantas, apa saja manfaat kacang hijau bagi ibu hamil? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Menunjang perkembangan saraf pada janin

Kacangan hijau ini memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi yang jelas sangat baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau dalam jumlah yang cukup, dimulai dari awal kehamilan sampai menyusui. Bukan hanya itu, kandungan asam folat yang terdapat pada kacang hijau juga mampu meningkatkan kecerdasan otak janin dalam kandungan.

  1. Meningkatkan kekuatan tulang

Kacang hijau juga memiliki kandungan kalsium serta fosfor yang jelas terbukti baik dalam menunjang pertumbuhan serta kekuatan tulang. Dengan keadaan tulang yang kuat, pastinya ibu hamil mampu melakukan aktifitas yang lebih baik tanpa adanya hambatan yang berarti.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kacang hijau juga memiliki kandungan lemak tak jenuh, sehingga akan sangat aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan lemak tak jenus yang terdapat pada kacang hijau sangat dominan, yaitu sekitar 73%, sedangkan lemak jenuhnya hanya berjumlah sekitar 27% saja.

Baca Juga:  Apakah Anda Tahu, Apa Saja Ciri-ciri Hamil 1 Bulan?

Hal ini dikarenakan kandungan zat tersebut bisa mencegah resiko terjaidnya sumbatan terhadap pembuluh darah yang memang mampu mencetus terjadinya serangan jantung yang sangat fatal. Khasiat yang dimiliki oleh kacang hijau juga sangat menunjang kesehatan arteri.

  1. Memperbaiki saluran pencernaan dan meningkatkan nafsu makan

Penting untuk diketahui, bahwa ibu hamil sanga membutuhkan asupan makanan yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kondisi normal. Oleh karena itu, jangan sampai nafsu makan Anda menurun, karena jika nafsu makan Anda menurun maka janin yang ada di dalam kandungan bisa kekurangan nutrisi serta gizi yang dibutuhkannya.

Dengan meningkatkan nafsu makan, maka kesehatan serta tumbuh kembang janin dalam kandungan bisa terjaga dengan snagat baik. Dan kandungan vitamin B1 yang terdapat di dalam kacang hijau sangat menunjang kesehatan saluran sistem pencernaan dan mampu meningkatkan selera makan ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh kacang hijau. Sangat berlimpah, bukan? Maka dari itu, agar kesehatan Anda juga janin dalam kandungan bisa tetap terjaga, maka Anda sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsusmi kacang hijau, dalam bentuk olahan apapun.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517