4 Manfaat Beras Kencur yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat beras kencur. Siapa sih yang tidak mengenal manfaat dari kencur untuk kesehatan? Ya benar, kencur ini memang merupakan salah satu jenis tanaman obat yang suga dikenal sebagai tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat.

Bahkan, sejak zaman dulu, jenis tanaman obat ini memang sudah banyak di kenal sebagai obat yang bisa mengatasi keadaan perut yang kembung serta bermanfaat untuk mengatasi tenggorokan yang di rasa sakit.

Bukan hanya itu, kencur ini juga di kenal dengan manfaatnya yang memang bisa mengatasi rasa lelah serta dikenal juga sebagai tanaman penambah nafsu makan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Biasanya, kencur ini di olah menjadi jamu, yang mana di namakan dengan beras kencur. Nah, beras kencur inilah yang memang bisa konsumsi sebagai jamu alami yang memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh beras kencur yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, yaitu sebagai berikut:

1. Menambah nafsu makan

Tanaman kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang mana memiliki sifat carminative. Itu artinya, kandungan yang terdapat pada tanaman kencur ini sangat bermanfaat dalam menambah nafsu makan seseorang yang mengkonsumsinya. Beras kencur ini bisa di konsumsi oleh orang dewasa atau bahkan di berikan kepada anak-anak agar nafsu makannya bertambah.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Bukan hanya itu, kencur ini juga termasuk kedalam golongan rempah-rempah yang mana memiliki peranan dalam meningkatkan aliran empedu. Selain itu, cairan empedu tersebut juga memiliki peranan yang baik guna membantu tubuh Anda dalam melancarkan penyerapan makanan yang berada di dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

3. Memelihara kesehatan tubuh

Tanaman rempah ini juga memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak, yang mana kandungan tersebut sangat baik dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Bukan hanya itu, dengan adanya antioksidan ini, maka tubuh mampu melawan berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh serta bermanfaat juga dalam merawat kesehatan tubuh.

4. Melangsingkan tubuh

Kandungan yang ada di dalam tanaman kencur juga dipercaya mampu membakar sejumlah lemak yang ada di dalam tubuh secara efektif, sehingga tanaman rempah ini memiliki sifat sebagai pelangsing tubuh. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan program diet, tidak ada salahnya untuk Anda mengkonsumsi jamu beras kencur, selain manfaatnya yang luar biasa dalam melangsingkan tubuh, beras kencur juga di yakini mampu menyegarkan tubuh Anda.

Nah, itu dia tadi beberapa manfaat beras kencur yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Agar kesehatan Anda tetap terjaga, tidak ada salahnya jika anda mengandalkan beras kencur ini sebagai minuman berenergi. Selamat mencoba!

Related Posts

Share This