4 Langkah Menghindari Si Kecil Dari Kelainan Pada Mata

Kelainan pada mata. Mata merupakan jendela dunia, dan pastinya hal tersebut menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan guna mendukung tumbuh kembang buah hati Anda. Karena dengan memiliki kondisi mata yang jernih, merupakan salah satu pertanda kalau si kecil menerima asupan gizi dengan sangat baik.

Nah, guna menghindari si kecil dari kelinan pada mata dan agar penglihatannya tetap dalam keadaan sehat, maka penting bagi Anda untuk merawat penglihatan si kecil dengan memberikannya asupan makanan yang memiliki kandungan giziyang baik setiap harinya.

Selain itu, Anda juga harus menghindari si kecil dari kebiasaan yang buruk yang memang mampu mengganggu kesehatan mata si kecil. Dan beberapa diantaranya Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini:

1. Posisi Membaca yang Benar

Membaca dengan posisi tiduran pastinya bisa membuat mata Anda menjadi cepat lelah serta kemampuan membacanya akan berkurang. Ketika itu, maka Anda bisa mengajak si kecil untuk membaca atau bahkan belajar dengan posisi duduk yang tegap. Bukan hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk mengatur jarak pandang si kecil, agar posisinya tidak terlalu dekat dengan buku yang tengah ia baca.

2. Penerangan yang Cukup

Anda juga harus memeriksa secara rutin penerangan di kamar si kecil atau bahkan di ruangan tempat biasa buah hati Anda membaca atau belajar. Jika penerangannya mulai redup, maka Anda harus segera menggantinya dnegan lampu yang lebih terang. Karena penerangan yang cukup mampu melancarkan proses belajar si kecil, serta mampu membantu kondisi matanya agar tidak terlalu letih ketika ia tengah membaca.

3. Jangan Mengucek Mata

Umumnya aktivitas ini akan dilakukan si kecil jika mata tiba-tiba terasa gatal. Meskipun demikian, mengucek mata sangat kurang dianjurkan, karena kondisi ini mampu mengganggu kesehatan mata si kecil. Dan sebaiknya, Anda bisa memberikan obat tetes mata guna menghilangkan penyebab mata menjadi gatal, seperti kotoran atau debu yang menempel.

4. Kurangi Kegiatan Menonton TV

Menonton TV atau bahkan memandang layar gadget dalam jangka waktu yang cukup lama juga bisa membuat kondisi mata menjadi lelah serta kering. Hal ini dikarenakan kondisi mata yang terlalu fokus ketika si keicl memandang layar TV serta mereka yang lebih jarang berkedip. Bukan hanya itu, terlalu lama dalam menatap atau melihat layar TV atau gadget juga bisa mengurangi ketajaman mata si kecil.

Bunda, untuk menjaga kesehatan mata si kecil serta menghindarinya dari kelianan pada mata, maka Anda dianjurkan untuk mulai mencoba melakukan beberapa langkah di atas. Di samping itu, Anda juga harus mendukung kesehatan mata si kecil dengan memberikan asupan makanan yang memiliki kandungan nutrisi baik setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This