4 Langkah Ampuh Mengatasi Puting Lecet Saat Menyusui

Puting lecet saat menyusui. Menyusui merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan bagi sebagai besar ibu dalam proses merawat buah ahti mereka. Bukan hanya itu, bahkan menyusui juga bisa menjadi sarana guna mendekatkan antara ibu juga buah hati, karena ketika menyusui, akan terjalinnya proses kedekatan serta kekuatan fisik dan emosional antara ibu juga anak.

Akan tetapi, puting lecet saat menyusui merupakan hal umum yang sering dialami oleh ibu menyusui, dan itu akan mengganggu proses kedekatan ini. Lecet di bagian putting ini juga bisa terjadi ketika si kecil menggigit putting payudara terlalu kencang.

Dan jika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda bisa mencoba untuk mengikuti beberapa tips di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

1. Kompres dengan kantong teh hangat

Langkah awal yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi lecet di bagian puting payudara yaitu dengan cara mengkompresnya dengan menggunakan kantong teh hangat. Karena hangatnya kantong teh mampu memberikan ketenangan dari rasa sakit yang dialami di bagian putting.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menggunakan cara ini sebelum Anda menyusui, yang mana memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya luka ketika Anda menyusui.

2. Olesi dengan air susu

ASI atau air susu ibu memiliki kandungan zat antibodi dalam jumlah yang cukup banyak. Dan jika Anda mengalami lecet di bagian puting, maka Anda bisa mengoleskan ASI yang keluar dari payudara Anda di sekitar puting dan areola. Dan hal ini merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mengobati puting payudara yang lecet.

3. Memompa ASI

Dengan Anda memompa ASI, maka bisa Anda jadikan cara untuk meminimalisir terjadinya lecet di bagian payudara Anda. Bahkan tindakan seperti ini juga bisa membantu Anda dalam melunakkan juga memanjangkan bagian puting payudara Anda, sehingga bisa mempermudah keluarnya ASI dan si kecil tidak lagi menggigit puting payudara Anda terlalu keras yang nantinya bisa berakibat lecet di bagian puting payudara Anda.

4. Melepas bra

Ketika Anda mengalami lecet di bagian putting payudara, dan lecet tersebut sudah dirasa sangat parah, maka Anda bisa melepas bra Anda sejenak. Dan hal ini bisa Anda lakukan guna mengurangi terjadinya gesekan antara puting dan pakaian yang Anda gunakan. Melepas bra yang Anda gunakan juga bisa mengurangi kelembaban yang memang bisa mengakibatkan luka yang ada di bagian puting Anda menjadi lebih parah.

Dan itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan, ketika bagian puting payudara Anda mengalami kelecetan. Lecet di bagian puting payudara merupakan hal umum yang pastinya dialami oleh semua ibu ketika berada di masa menyusui. Dan sebaiknya, ketika puting payudara Anda lecet, Anda jangan berhenti untuk memberikan ASI eksklusif untuk si kecil, walaupun puting Anda lecet, namun Anda masih bisa menyiasatinya dengan cara memerah susu Anda dan memasukkannya kedalam botol untuk diberikan kepada si kecil.

Related Posts

Share This