4 Kondisi Penyebab Penyakit Hipertensi

Tubuh sehat, bugar dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan adalah salah satu dambaan setiap orang. Dengan tubuh sehat tentunya bisa lebih produktif untuk menghasilkan karya karya terbaik. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola-pola hidup sehat dalam keseharian.

Namun, terkadang adakalanya kesehatan tubuh terganggu dengan kemunculan berbagai gangguan kesehatan yang diam-diam mematikan (silent killer). Misalnya saja seperti tekanan darah tinggi, diabetes, ataupun gangguan kesehatan lainnya. Hipertensi termasuk ke dalam salah satu gangguan kesehatan yang sebaiknya jangan diabaikan. Hal ini karena risiko gangguan kesehatan lainnya sangat mungkin muncul saat hipertensi menyerang.

Inilah Beberapa Penyebab Penyakit Hipertensi

Hipertensi merupakan proses peningkatan tekanan darah yang mana diastolic melebihi angka 95. Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor yang berasal dari faktor internal maupun eksternal. Semuanya itu tentu saling berkaitan satu sama lainnya.

Nah, untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan hipertensi maka ada beberapa hal yang sebaiknya diperhaktikan terkait faktor penyebab hipertensi. Apa saja penyebab hipertensi? Inilah beberapa faktor tersebut!

  1. Arteriosklerosis / Pengerasan Arteri

Gangguan kesehatan yang satu ini menurunan kelenturan dari arteri yang terkena dampak. Adanya penumpukan lemak menyebabkan aliran darah terhambat yang akan melalui arteri tersebut. Faktor ini menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan sehingga sangat membahayakan.

  1. Gangguan Sirkulasi Darah Ginjal

Faktor penyebab selanjutnya yaitu adanya masalah pada sirkulasi darah di organ ginjal. Kondisi seperti ini menyebabkan ginjal melepaskan renin yang masuk kedalam darah. Pada kondisi seperti ini akan menyebabkan pembentukan angiostensin protein plasma. Ini semua akan mengakibatkan terjadinya penyempitan sirkulasi darah sehingga tekanan darah meningkat.

Baca Juga:  Solusi Atasi Hipertensi Dengan Kelola Ketegangan
  1. Aldosteronisme / Aldosteron

Ini merupakan hormone yang akan meningkatkan penyimpanan garam dan air pada ginjal yang akan memperbesar volume dari plasma. Nah, jika terjadi pelepasan aldosterone maka hal ini akan mengakibatkan tekanan darah tidak stabil.

  1. Feokromositoma

Merupakan tumor yang berkaitan dengan kelenjar adrenal. Tumor ini memang tidak berbahaya dan masuk dalam kategori jinak. Hanya saja tumor ini akan mengakibatkan terjadinya pelepasan hromon norepinefrin dan epinefrin dalam kisaran tinggi. Nah, kondisi ini yang menjadikan terjadinya tekanan darah mengalami peningkatan sehingga menstimulasi jantung sehingga terjadi penyempitan pembulug darah.

Nah, demikian beberapa penyebab hipertensi dari faktor internal tubuh yang sebaiknya dihindari. Semua penyebab dari faktor internal tersebut tentunya ada beberapa faktor eksternal yang mengakibatkan semua ini terjadi. Beberapa faktor eksternal yang mungkin menyebabkan gangguan kesehatan hipertensi.

Selain faktor internal tersebut, berikut ini beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah!

  • Konsumsi makanan berlemak tinggi
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Pola makan tidak teratur
  • Jarang berolahraga
  • Pola istirahat terganggu
  • Kurangnya asupan makanan bergizi

Nah, itulah beberapa penyebab gangguan kesehatan hipertensi yang pernting untuk dipahami jika ingin memiliki tubuh sehat dan bugar. Pada intinya sebaiknya lakukan beberapa pola hidup sehat untuk menghindari gejala gejala serangan silent killer hipertensi. Sangat mudah sekali untuk mengatasi atau mencegah timbulnya hipertensi, cukup dengan terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda dan hindari beberapa kebiasaan buruk.

Dengan pola hidup sehat dalam keseharian tentunya akan menjadi solusi terbaik yang menghindarkan Anda dari beberapa ancaman tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda sekalian!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517