4 Kiat Untuk Menciptakan Suasana Hati Yang Tenang Pada Waktu Menyusui

Kualitas dan kuantitas ASI secara tidak langsung di pengaruhi oleh faktor fisik serta psikis. Kesehatan seorang wanita pada waktu menyusui akan mempengaruhi produksi ASI. Menjaga kesehatan selama hamil dan menyusui merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan oleh setiap wanita. Pada waktu menyusui disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga. Selain itu, ibu menyusui juga harus menghindari segala hal yang bisa menyebabkan pikiran menjadi stres.

Menyusui

Perlu Anda ketahui bahwa stres adalah salah satu faktor yang bisa menghambat produksi ASI. Stres atau depresi dapat mengganggu hormon yang berperan penting dalam menghasilkan air susu. Maka dari itu, disarankan bagi Anda untuk menghindari faktor yang bisa menyebabkan stres selama menyusui supaya produksi ASI tetap lancar.

 Cobalah Kiat Berikut Ini Untuk Menciptakan Suasana Hati Yang Tenang Selama Menyusui

  1. Siapkan tempat yang nyaman untuk menyusui

Untuk mendapatkan suasana hati yang tenang selama menyusui, sebaiknya Anda menyiapkan tempat khusus dengan suasana yang nyaman. Gunakanlah sebuah ruangan yang di desain khusus untuk Anda dan bayi. Ruangan tersebut merupakan kamar bayi yang dilengkapi dengan kursi goyang untuk Anda menyusui si kecil. Sebuah kamar khusus untuk menyusui akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman sehingga proses menyusui akan terasa lebih menyenangkan. Dengan begitu produksi ASI lebih lancar dan kebutuhan nutrisi untuk si kecil akan terpenuhi dengan baik.

  1. Menghadirkan suasana yang menyenangkan

Lakukanlah beberapa ritual sebelum menyusui seperti makan makanan ringan, minum jus dan mandi air hangat. Selain itu, Anda juga bisa melakukan relaksasi atau meditasi untuk membuat pikiran lebih rileks. Pada waktu menyusui cobalah untuk memutar sebuah lagu dengan nada yang lembut sehingga membuat Anda terhindar dari ketegangan. Suasana yeng menyenangkan memungkinkan Anda untuk terhindar dari stres selama menyusui.

  1. Fokus terhadap kebutuhan bayi

Beberapa saat sebelum tiba waktunya menyusui, cobalah untuk mulai fokus terhadap aktivitas Anda dan bayi. Jauhkan semua hal yang bisa menyebabkan perasaan Anda tegang dan mulai fokus terhadap kebutuhan si kecil pada saat itu. Fokuskan semua pikiran Anda terhadap si kecil dan mulailah untuk memeluknya dengan penuh kasih. Semua aktivitas ini akan membuat hormon relaksasi mengalir di dalam tubuh Anda sehingga proses menyusui manjadi saat-saat yang menyenangkan bagi Anda dan si kecil.

  1. Terapi air hangat

Bagi Anda yang mengalami ketegangan tingkat tinggi, terapi air hangat bisa menjadi solusi terbaik. Posisikan badan Anda untuk berendam pada air hangat dengan ketinggian air tidak melebihi payudara, kemudian gendong bayi dan mulailah untuk menyusui. Terapi air hangat akan membuat pikiran Anda semakin rileks sehingga mengatasi semua ketegangan yang ada.

Pada dasarnya menyusui merupakan siklus untuk relaksasi diri Anda sendiri. Semakin sering menyusui bayi maka semakin banyak pula hormon relaksasi (prolaktin) yang akan dihasilkan oleh tubuh Anda sehingga memberika efek menenangkan.

Related Posts

Share This