4 Khasiat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Khasiat daun sukun. Selama ini mungkin banyak orang yang hanya memanfaatkan buahnya saja untuk diolah emnajdi cemilan. Bahkan banyak orang yang mengolah buah sukun untuk makanan pengganti nasi ketika diet atau menderita penyakit tertentu. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata daun sukun juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hanya saja selama ini banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut.

Ternyata daun sukun memiliki kandungan nutrisi seperti asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh seperti valin, tryptophan, lysine, tannin, riboflavin dan hidrosianat. Lalu apa saja manfaat daun sukun bagi kesehatan tubuh?

Beragam Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun sukun yang pertama yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini karena daun sukun memiliki kandungan berupa senyawa flavonoid yang bersifat sebagai anti diabetes. Maka dari itu, konsumsi daun sukun bisa menghindarkan Anda dari penyakit diabetes yang sangat membahayakan kesehatan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Selanjutnya yaitu bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Daun sukun mengandung zat baki quercetin dan juga fenol. Nah, kedua zat tersebut memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah sehingga tetap stabil. Hal ini tentunya akan membuat jantung senantiasa sehat dan terhindar dari resiko serangan jantung.

  1. Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat secara umum terjadi karena adanya pengkristalan/peradangan pada bagian persendian. Apabila tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius dan menimbulkan rasa nyeri. Biasanya penyakit asam urat identik diderita oleh orang yang lanjut usia. Untuk mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi daun sukun karena mengandung senyawa anti imflamasi yang bisa mencegah serta mengatasi peradangan.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan senyawa flavonoid dan riboflavin didalam daun sukun bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya. Jika dikonsumsi secara teratur maka resiko penyakit kanker sangat kecil. Bahkan Anda akan benar-benar terhindar dari resiko penyakit tersebut.

Nah, itulah manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh Anda. Konsumsi dengan teratur untuk memperoleh manfaat tersebut dan mendapatkan tubuh yang sehat. Untuk membuat ramuan daun sukun yaitu bisa langsung direbus dan diminum airnya. Selain itu, bisa juga dengan cara mengeringkan daun sukun kemudian tumbuk hingga halus dan seduh dengan air hangat.

Daun sukun yang telah dikeringkan dan ditumbuk bisa Anda simpan sebagai cadangan sehingga bisa diseduh kapan saja. Daripada mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, nampaknya pemanfaatan ramuan alami terbilang lebih aman dan tentunya sangat efektif. Ramuan alami tidak akan menimbulkan efek samping dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517