4 Khasiat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Pir adalah salah satu jenis buah yang bermanfaat dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah pir termasuk golongan rendah kalori dan mengandung beragam jenis nutrisi yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Manfaat buah pir untuk ibu hamil salah satunya yaitu kandungan asam folat untuk mencegah kerusakan saraf pada janin.

  1. Kaya kandungan serat

Salah satu manfaat buah pir bagi ibu hamil yaitu untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Pada umunya setiap wanita hamil pasti mengalami gangguan pencernaan akibat dari perkembangan janin dan pengaruh hormone kehamilan. Dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin maka sangat berguna untuk mengatasi gangguan tersebut.

  1. Vitamin C

Semua jenis buah tentunya tidak terlepas dari kandungan vitamin C, tak terkecuali buah pir. Kandungan vitamin C pada buah pir sangat tinggi dan berguna untuk meningkatkan sistem imun ibu hamil sehingga terbebas dari infeksi penyakit. Namun untuk mengoptimalkan penyerapan vitamin C, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan pendukung.

  1. Tinggi asam folat

Asam folat sangat diperlukan oleh ibu hamil dalam menunjang perkembangan janin. Kekurangan asam folat sangat beresiko menyebabkan gangguan tabung saraf. Dampak yang ditimbulkan yaitu keterbelakangan mental dan bayi lahir cacat. Selain itu, kekurangan asam folat pada waktu hamil sangat rentan menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah pada bayi.

  1. Rendah kalori

Ibu hamil biasanya sangat khawatir dengan kenaikan berat badan. Dengan mengkonsumsi buah pir maka sangat berguna untuk menjaga berat badan ideal selama kehamilan. Dalam satu buah pir hanya mengandung 100 kalori. Buah pir mengandung karbohidrat sederhana yaitu fruktosa dan glukosa yang mudah dicerna menjadi energi.

  1. Menjaga tekanan darah

Buah pir mengandung mineral seperti kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan detak jantung dan tekanan darah. Selain itu, buah pir memiliki kandungan gluthatione dan antioksidan yang berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Permasalahan yang sering terjadi pada ibu hamil yaitu kulit kering dan kusam akibat pengaruh hormone kehamilan. Buah pir mengandung humektan alami yang memiliki khasiat untuk menyeimbangkan kandungan air sehingga mempertahankan kelembaban alami kulit.

Demikian khasiat buah pir untuk ibu hamil. Buah pir bisa menjadi salah satu menu makanan sehat bagi Anda yang menjalani program diet selama kehamilan. Dengan mengkonsumsi buah pir secara teratur maka sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan dan mengoptimalkan perkembangan janin.

Pola makan sehat adalah salah satu faktor penting bagi ibu hamil dalam menjaga kesehatan dan mencegah infeksi penyakit yang bisa membayahakan kehamilan. Maka dari itu konsumsilah sayur dan buah-buahan pada waktu hamil untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi.

Related Posts

Share This