4 Kegiatan Yang Bermanfaat Bagi Balita Hiperaktif

Usia balita merupakan saat yang dimana anak sudah bisa berjalan. Pada usia tersebut anak cenderung tidak bisa diam dan bersifat hiperaktif. Biasanya anak-anak lebih suka bermain atau lari bolak balik di dalam rumah seakan-akan mereka tidak merasa kelelahan. Kondisi seperti ini adalah hal uyang wajar terjadi pada anak Anda. Meskipun terkadang membuat sebagian orangtua merasa kewalahan dalam mengatasi hal tersebut.

Ketika anak mulai aktif dan berlarian kesana kemari sebaiknya Anda memperhatikan dan tetap menjaga keamanannya. Dalam hal ini peran Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk mengawasi anak supaya tidak terjadi sesuatu yang berbahaya. Kesigapan Anda dalam menjaga anak pada usia tersebut harus benar-benar di tingkatkan.

cara untuk mengatasi anak yang hiperaktif

Sikap aktif pada anak-anak bisa Anda arahkan menjadi sebuah kegiatan yang  bermanfaat. Kegiatan yang bermanfaat akan lebih berguna untuk memberikan stimulasi bagi perkembangan otaknya. Selain itu, dengan mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat maka akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak .

Nah, Berikut Ini Ada Beberapa Kegiatan Yang Bisa Anda Ajarkan Bagi Balita Yang Hiperaktif

  1. Latihan fisik dan berolahraga

Anak-anak yang hiperaktif biasanya memiliki energi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya. Maka dari itu untuk menyalurkan energi tersebut sebaiknya Anda memberikan latihan fisik yang bermanfaat bagi anak. Anda bisa mengikutsertakan anak ke dalam kelompok bermain supaya mereka bisa mengekspresikan energi yang dimilikinya. Selain untuk menyalurkan energi, kelompok bermain dinilai cukup efektif untuk anak dalam belajar bersosialisasi.

Mengajak berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara dalam menyalurkan energi anak yang hiperaktif. Anda bisa mengajaknya untuk belajar berenang atau bermain sepakbola. Olahraga sangat berguna untuk menstimulasi perkembangan otak anak. Ketika Anda mengajak anak untuk berolahraga, pastikan keamanan dan keselamatan anak Anda. Lengkapi dengan peralatan yang mendukung keselatannya.

  1. Belajar menari

Untuk menyalurkan energi anak kearah yang lebih baik, Anda bisa mengikutsertakan anak ke dalam kelas tari. Belajar menari merupakan salah satu cara yang efektif dalam mengatasi anak yang hiperaktif. Kegiatan seperti ini akan bermanfaat bagi perkembangan anak. Selain itu, gerakan-gerakan tari akan membantu membakar kalori di dalam tubuh anak sehingga akan berdampak baik bagi proses metabolisme dan membantu anak mendapatkan kualitas tidur yang baik pada malam hari.

  1. Mengajak anak bermain di luar ruangan

Balita yang memiliki sifat hiperaktif cenderung tidak akan bisa diam sehingga akan membuat kondisi di dalam rumah berantakan. Maka dari itu sebaiknya sesekali Anda mengajak anak untuk bermain di luar ruangan seperti di taman atau di tempat lainnya. Mengajak anak untuk bermain di luar ruangan tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pengetahuan anak. Kegiatan seperti itu akan membuat anak lebih bereksplorasi.

  1. Mengajarkan anak pada seni kerajinan

Seperti yang kita ketahui kalau anak yang hiperaktif cebderung tidak bisa diam. Mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengajarkan kerajinan pada anak. Adnda sebagai orangtua bisa mengajarkan pada anak untuk membuat kerajinan dari kertas atau mengajak anak untuk menggambar. Selain bermanfaat untuk mengatasi sifat hiperaktif, kegiatan ini juga akan berdampak baik bagi perkembangan otak dan psikologis anak.

Itulah sebagian cara untuk mengatasi anak yang hiperaktif. Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menyalurkan energi anak yang hiperaktif kearah yang lebih baik. Maka dari itu peran Anda sebagi orangtua dalam hal ini sangat dibutuhkan. Kesabaran Anda juga sangat diperlukan untuk mengatasi hal tersebut karena anak-anak yang hiperaktik cenderug susah untuk diatur.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517