4 Kegiatan Yang Baik Dilakukan Anak Hiperaktif

Ketika si kecil menginjak usia balita, dimana ia baru bisa berjalan dan berlari ke sana kemari dengan lincahnya. Maka mereka akan cenderung tidak bisa diam dan menjadi balita atau anak hiperaktif, seolah-olah mereka memiliki banyak energi yang tidak akan pernah habis dan mereka terlihat seperti balita yang tidak pernah merasakan lelah. Kondisi seperti ini merupakan satu kondisi normal yang banyak di alami oleh balita, hal ini dikarenakan mereka baru saja menemukan kebahagiannya karena mereka sudah mampu berjalan dan mereka memiliki keinginan untuk menjelajahi segala sesuatu yang mereka temukan.

Ketika si kecil mulai berubah menjadi seorang anak yang mulai bisa berjalan bahkan berlari di sekitar, sebagai orangtua yang baik, maka bunda juga sumai di tuntut untuk menjaga serta membuat si kecil merasa terlindungi tanpa harus menghilangkan rasa kebahagiaan juga keceriaan si kecil dalam bereksplorasi. Mungkin bunda juga bisa mencari cara untuk cara mengatasi anak hiperaktif.

anak hiperaktif

Ketika si kecil memasuki fase ini, ketelitian bunda juga kesigapan dalam mengatasi si kecil yang hiperaktif di tuntut untuk lebih extra lagi. Dan bunda harus bisa mengarahkan keaktifan si kecil kea rah atau pada kegiatan yang memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan si kecil, dan pastinya hal ini akan jauh bermanfaat untuk stimulasi otak si kecil juga membantu si kecil untuk mengubah energy mereka menjadi satu kegiatan yang jauh lebih produktif juga aktif. Dan bunda di tuntut agar bisa mengatasi anak hiperaktif dengan cara yang baik.

Berikut ini ada beberapa kegiatan yang bisa bunda berikan kepada si kecil, terutama pada anak hiperaktif, yaitu sebagai berikut:

  1. Berolahraga

Jika si kecil merupakan anak hiperaktif, mungkin kegiatan fisik akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Bukan hanya energi yang dapat ia salurkan, namun olahraga juga bisa dijadikan sebagai media untuk menstimulasi kinerja otak si kecil. Oleh karena itu, bunda bisa mengajarkan si kecil satu bentuk olahraga yang cocok untuk si kecil, misalkan sepakbola ataupun bersepeda.

  1. Bermain Diluar Ruangan

Satu hal yang harus bunda ketahui, bahwa balita yang hiperaktif tidak akan pernah bisa diam kecuali ketika ia tertidur, biasanya mereka akan terus berjalan dan berlari ke sana kemari dengan lincahnya, menyentuh sejumlah barang yang ada di sekitarnya dan membuat keadaan rumah menjadi berantakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika bunda membiarkan si kecil bermain di luar rumah, dengan catatan masih ada dalam jangkawan perhatian bunda. Mungkin bunda bisa mengajak si kecil bermain di taman bermain atau plyground.

  1. Seni Kerajinan

Keluhan yang kerap di utarakan oleh banyak orangtua terutama bunda yang memiliki anak hiperaktif yaitu sulitnya membuat si kecil untuk terdiam dan duduk dengan manis. Nah, agar bunda bisa membuat anak hiperaktif menjadi diam, maka bunda bisa menarik perhatian si kecil untuk duduk dengan seni kerajninan. Banyak diantaranya seni kerajinan yang bisa bunda kenalkan kepada si kecil agar si kecil mau untuk duduk manis, diantaranya yaitu bermain drum, atau bahkan kegiatan membuat kerajinan origami yang memang bisa membuat si kecil menjadi lebih tertarik dengan kreasi dari kertas yang memiliki warna banyak.

  1. Kelas Menari

Belajar menari pastinya bisa di lakukan oleh semua kalangan, termasuk balita. Dan ternyata, bukan hanya anak perempuan saja yang bisa mengikuti kelas tari ini, anak laki-laki juga bisa bunda ikut sertakan pada kelas tari khusus laki-laki atau bahkan kelas campuran. Menari bisa meningkatkan postur serta fleksibilitas tubuh si kecil. Bukan hanya itu, kegiatan nari ini juga mampu membantu kalori yang ada di dalam tubuh si kecil menjadi terbakar dengan cepat, serta mampu membantu si kecil untuk tidur lebih cepat.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa bunda berikan kepada anak-anak hiperaktif. Mungkin masih banyak lagi diantaranya cara mengatasi anak hiperaktif yang bisa bunda lakukan, agar si kecil tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

Related Posts

Share This