4 Jenis Penyakit Yang Berasal Dari Dampak Negatif Gadget

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan modern. Perkembangan telepon seluler atau gadget semakin canggih. Pada saat ini banyak perusahaan telekomunikasi tersebut yang menawarkan gadget yang bervariasi dengan fitur yang semakin lengkap. Kini gadget nampaknya sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Namun disisi lain banyak orang yang tidak menyadari dan memahami akan dampak negatif gadget bagi kesehatan.

Terlalu sering menggunakan dan berinteraksi dengan gadget sangat beresiko terhadap kesehatan. bagi Anda penggila gadget yang setiap saat berinteraksi dengan teknologi canggih tersebut sebaiknya berhati-hati dan waspada. Tanpa Anda sadari gadget bisa membawa pengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh Anda dalam jangka panjang.

Berikut Ini Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Oleh Penggunaan Gadget

  1. Nomophobia

Nah, salah satu gangguan kesehatan akibat terlalu sering bersentuhan dengan gadget yaitu nomophobia. Tahukah Anda apa nomophobia itu? Nomophobia merupakan salah satu kecemasan yang melanda akibat kecanduan yang berlebih. Hal ini bisa terjadi pada pengguna gadget. Anda akan merasakan kecemasan ketika tidak menggunakan gadget. Adapun tanda dan gejalanya yaitu si penderita cenderung merasa cemas, gemetar dan selalu was-was ketika terpisahkan dengan benda tersebut.

  1. Texting Thumb

Dampak selanjutnya yaitu behubungan dengan kesehatan organ tubuh yaitu jari tangan. Penggunaan gadget secara terus menerus bisa menyebabkan jempol mengalami masalah dan bisa melukai tendon serta otot-otot saraf lainnya. Penggunaan terus menerus bisa saja menyebabkan jempol tangan merasakan sakit/nyeri otot dan mati rasa.

  1. Insomnia

Bukan hal yang aneh lagi jika banyak orang yang keasyikan dalam memainkan gadget sehingga seringkali mengalami gangguan tidur. Banyak orang yang terbangun dan terjaga di malam hari ketika ada pemberitahuan atau pesan masuk di telepon canggih mereka. Tahukah Anda jika cahaya terang yang terpancar dari gadget bisa menghambat pelepasan hormon melantonin yang berfungsi untuk membantu proses tidur.

Baca Juga:  Baca Yuk! Ternyata Khasiat Daun Rambutan Sangat Luar Biasa

Tanpa disadari cahaya tersebut akan mempengaruhi saraf otak atau pikiran Anda. Perlu di waspadai bahwa penderita insomnia ini sangat beresiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, diabetes dan bahkan hipertensi. Maka dari itu, hindari kebiasaan menggunakan gadget jika sudah larut malam untuk menghindari dampak negatifnya.

  1. Scrotal Hyperthermia

Bagi Anda yang sering menggunakan gadget dan laptop diatas paha sebaiknya waspada. Kebiasaan meletakan laptop diatas paha bisa mempengaruhi suhu dibagian tersebut sehingga kberesiko terhadap kesuburan organ reproduksi Anda. Bagi laki-laki hal ini akan menurunkan kualitas dari sperma.

Nah, itulah dampak negatif penggunaan gadget yang perlu Anda waspadai. Batasi dan pergunakanlah benda tersebut dalam batas yang wajar sehingga Anda bisa terhindar dari resiko yang mengancam kesehatan. Bersikap bijak adalah tindakan yang sangat tepat untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517