4 Jenis Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebihan (obesitas) menjadi permasalahan serius bagi sebagian orang. Selain mengganggu penampilan, kelebihan berat badan sangat beresiko memicu berbagi penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, diabetes, hipertensi dan jenis penyakit berbahaya lainnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut biasanya kebanyakan orang menerapkan program diet. Selain itu cara yang paling mudah yaitu dengan melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan secara rutin.

Bergerak atau berolahraga bisa membantu membakar lemak dan kalori yang menumpuk di dalam tubuh. Dengan berolahraga maka akan membantu proses metabolisme supaya bekerja dengan baik dan efektif. Lalu apa saja jenis olahraga untuk menurunkan berat badan? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Jalan kaki

Salah satu jenis olahraga menurunkan berat badan yaitu dengan berjalan kaki secara rutin setiap hari. Olahraga ini terbilang cukup sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan terbukti ampuh dalam menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga jalan kaki tidak memerlukan biaya yang cukup mahal, Anda bisa melakukannya secara gratis.

Jalan kaki secara rutin selama kurang lebih 15 menit setiap harinya sangat berguna dalam memperlancar sirkulasi darah sehingga menekan resiko penyakit stroke dan jantung. Disamping itu aktivitas jalan kaki mampu membakar lemak tubuh sehingga mengatasi berat badan yang berlebihan (obesitas).

  1. Bersepeda santai

Olahraga sederhana yang memiliki manfaat luar biasa selanjutnya yaitu bersepeda. Kegiatan bersepeda secara rutin sangat berguna bagi Anda yang sedang menjalani program untuk menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut pada pagi atau sore hari.

Kegiatan mengayuh sepeda sanagt efektif untuk membakar lemak/kaloti tubuh sehingga secara perlahan akan menurunkan berat badan Anda. Dalam melakukan kegiatan ini pilihlah tempat yang nyaman dan tidak membahayakan. Anda bisa melakukannya di taman ataupun di halaman rumah jika memungkinkan.

  1. Berenang

Jikan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan teratur maka olahraga renang bisa membantu membakar kalori tubuh. Dengan ,begitu maka sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan Anda. Ketika melakukan aktivitas berenang maka semua jenis otot akan terlibat sehingga olahraga ini cukup efektif untuk menjaga dan menurunkan berat badan. Selain itu, jenis olahraga yang satu ini bisa menjadi pelengkap bagi olahraga yang lainnya.

  1. Berlari

Berbeda halnya dengan berjalan kaki, dalam hal ini berlari dilakukan dengan gerakan yang lebih cepat. Namun untuk menghindari kelelahan sebaiknya Anda melakukan olahraga tersebut dengan intensitas yang lambat dan teratur. Selain itu, biasakan untuk berlari secara rutin setiap hari. Nah, dengan begitu maka akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan sehingga memperoleh tubuh yang ideal sesuai harapan.

Selain beberapa cara diatas, untuk memperoleh berat badan ideal maka ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu pola makan sehat. Semoga bermanfaat! Salam sehat!

Related Posts

Share This