4 Jenis Makanan yang Wajib Anda Hindari Di Masa Menstruasi

Penting untuk Anda ketahui, ketika memasuki masa menstruasi, maka kondisi fisik juga mental seorang wnaita umumnya tengah berada pada kondisi yang tidak stabil. Bukan hanya akan merasakan kram di bagian perut, namun umumnya wanita haid juga kerap kali merasakan pegal di beberapa bagian tubuh, pusing bahkan emosi yang kian memuncak. Ketika itu, suasana hati seorang wanita yang tengah menstruasi juga sangat sulit untuk dikendalikan.

Agar kondisi tubuh Anda tetap dalam keadaan yang stabil, meskipun Anda tengah berada di masa menstruasi, maka Anda dianjurkan untuk beristirahat dalam waktu yang cukup banyak. Bukan hanya itu, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan beberapa jenis makanan serta minuman yang Anda konsumsi.

Nah, ketika Anda tengah berada di masa menstruasi atau haid, sebaiknya Anda hindari dulu untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan juga minuman ini. Tujuannya yaitu, agar darah haid yang keluar bisa lancar tanpa adanya kendala. Berikut ulasannya:

1. Makanan Cepat Saji

Ketika Anda tengah haid, maka Anda harus menghindari mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang tinggi yang terkandung dalam makanan cepat saji mampu membuat hormon esterogen menajdi sangat naik, dan hal inilah yang memang memicu munculnya rasa sakit di bagian perut ketika haid. Nah, agar Anda bisa terhindar dari yang namanya sakit perut yang menyiksa ketika haid, maka Anda dianjurkan untuk mengontrol asupan makanan Anda dan menghindari mengkonsumsi makanan cepat saji.

2. Makanan yang Terlalu Manis

Ketika Anda haid, Anda juga sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa terlalu manis. Mengapa? Karena kandungan gula yang tinggi yang ada pada makanan justru akan membuat perut Anda menjadi sangat tidak nyaman ketika Anda haid. Bahkan, kram perut ketika haid juga akan Anda rasakan semakin parah. Maka dari itu, Anda harus membatasi mengkonsumsi makanan yang manis ketika Anda haid.

3. Makanan Kalengan dan Ragam Gorengan

Makanan instan atau makanan kaleng yang sebelumnya telah di proses kerap kali menjadi makanan yang banyak dipilih karena cara pengolahannya yang mudah serta cepat. Namun makanan kaleng ini memiliki kandungan sodium yang sebaiknya dapat Anda hindari ketika tengah menstruasi. Mengapa? Karena kandungan sodium bisa membuat kondisi tubuh menjadi dehidrasi serta mampu membatasi penyerapan air yang ada di dalam tubuh.

4. Makanan yang Mengandung Kafein

Anda juga dianjurkan untuk menghindari beberapa jenis makanan bahkan minuman yang mengandung kafein selama masa menstruasi. Karena kandungan kafein yang ada pada makanan bisa membuat perederan darah menjadi sangat kurang lancar.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk sementara waktu. Walaupun sangat sulit untuk melakukannya, namun ada baiknya jika Anda terus berusaha untuk menghindarinya ketika Anda haid, agar haid Anda bisa lancar.

Related Posts

Share This