4 Jenis Makanan Sebagai Sumber Probiotik yang Baik Untuk Tubuh

Beberapa jenis makanan sebagai sumber probiotik memang akan membantu Anda untuk mengembalikan keseimbangan alami dari serangan bakteri usus juga mampu mengatasi masalah sistem pencernaan, dimulai dari masalah sembelit hingga diare.

Bukan hanya itu, sejumlah makanan yang mengandung probiotik juga bisa membantu tubuh mengurangi masalah perut kembung serta ges yang ada di dalam perut yang mana disebabkan oleh sindrom iritasi usus juga gejala yang erat hubungannya dengan intoleransi laktosa.

Dan berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Yogurt

Yogurt adalah salah satu jenis makanan terbaik penghasil probiotik. Yogurt sendiri mampu mmbantu dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan. Antuk memilih yogurt, sebaiknya Anda memilih jenis yogurt yang polos, jika ingin menambahkan rasa, Anda bisa menambahkannya buah-buhan atau bahkan madu.

2. Miso

Miso merupakan makanan yang terbuat dari frementasi kedelai, dan sup miso merupakan makanan pokok di negraa Jepang. Bukan hanya itu, miso sendiri juga bisa Anda olah dengan dicampurkan bersama beras merah, barley juga beberapa jenis biji-bijian lainnya. Proses frementasi yang menghasilkan miso ini akan berlangsung selama beberapa hari yang mana mampu bertahan sampai 1 tahun atau bahkan lebih, serta mampu menambah jutaan mikroorganisme yang sangat menguntungkan bagi orang yang mengkonsumsinya. Miso sendiri juga memiliki kandungan vitamin B-kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, dan juga kandungan antioksidan pelindung.

3. Kimchi

Kimchi sendiri merupakan makanan yang paling popular di Korea. Umumnya kimchi ini akan dibuat dengan berbahan dasar kubis Cina atau sayuran lainnya yang cocok di gunakan seperti terong, mentimun bahkan lobak yang mana proses dari pembuatannya di frementasi dengan menggunakan banyak bakteri yang nantinya akan diubah menjadi asam laktat. Ada sebuah studi yang juga menunjukkan, bahwa selain sifat probiotiknya, kimchi juga memiliki sifat sebagai antikanker, antiobesity, anticonstipation, antioksidan, anti-penuaan dan juga memiliki efek yang baik guna mengurangi kolesterol.

4. Tempe

Tempe, merupakan makanan yang berbahan dasar kacang kedelai. Tempe ini kerap kali di gunakan sebagai pengganti lauk atau bahkan daging dalam jenis makanan vegetarian serta vegan. Tempe juga merupakan salah satu jenis makanan probiotik lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai menu diet harian. Tempe juga dibuat dari proses frementasi kedelai yang dimasak. Bukan hanya probiotik, tempe juga merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh, serat juga beberapa jenis kandungan nutrisi lainnya.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan probiotik yang jelas sangat baik untuk membantu kesehatan tubuh Anda. Semoga dengan artikel ini bisa membantu Anda dalam menerapkan pola hidup sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517