4 Jenis Makanan Pemicu Dehidrasi yang Wajib Anda Ketahui

Dehidrasi atau dalam artian lain kurangnya asupan cairan disebabkan oleh beberapa hal. Ketika kondisi tubuh kita kekurangan asupan cairan, maka kandungan elektrolit yang ada di dalam tubuh tidak akan seimbang, dan jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, maka bisa menyebabkan munculnya penyakit yang berbahaya.

Biasanya dehidrasi ini di sebabkan karena kurangnya asupan cairan atau kurang minum. Namun di samping itu, ada juga beberapa hal yang memang bisa memicu terjadinya dehidrasi, dan salah satunya yaitu makanan yang kita konsumsi.

Makanan serta minuman yang menjadi pemicu dehidrasi ini umumnya memiliki sifat diuretic, sehingga bisa membuat Anda sering buang air kecil. Dan jika Anda tidak segera mengisi tubuh dengan air, maka di pastikan Anda akan terserang dehidrasi. Jika seperti itu, apa saja makanan yang menjadi pemicu dehidrasi, yaitu sebagai berikut:

1. Kafein

Salah satu jenis minuman yang menjadi pemicu terjadinya dehidrasi yaitu minuman yang mengandung kafein. Karena beberapa jenis minuman yang memang memiliki kandungan kafein, seperti kopi, teh, bahkan soda akan membuat Anda sering memiliki keinginan untuk buang air kecil.

2. Oatmeal

Oatmeal, merupakan salah satu jenis makanan yang memang kerap kali di jadikan sebagai menu sarapan ini ternyata memiliki kandungan silica, yang mana kandungan silica ini adalah deuretik alami. Oatmeal sendiri mampu menyerap kandungan air dalam tubuh, kemudian mengeluarkannya melalui air urine. Dan inilah hal yang memang menyebabkan Anda akan sering merasakan haus setelah Anda mengkonsumsi oatmeal.

3. Buah-Buahan Segar

Buah-buhan yang masih segar memang memiliki kandungan air dalam jumlah yang cukup banyak, namun ternyata buah-buhan ini juga bisa membuat Anda cepat merasa haus. Karena ketika Anda mengkonsumsi buah-buhan segar, maka Anda akan sering buang air kecil. Dan ketika Anda buang air kecil, ternyata bukan hanya kandungan air yang ada di dalam buah saja yang ikut terbuang, namun juga kandungan air yang ada di dalam tubuh.

4. Makanan MSG

MSG atau penyedap buatan juga ternyata bisa membuat Anda mudah merasa haus bahkan bisa membuat tenggorokan Anda terasa sangat tidak nyaman. MSG yang memang terkandung pada beberapa jenis makanan ringan ini pada dasarnya bisa memicu terjadinya dehidrasi. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih, agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

Nah, agar Anda tidak mengalami dehidrasi, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Karena hal ini mampu membuat sistem metabolisme tubuh Anda menjadi sangat lancar, dan bisa membuat kondisi kulit Anda menjadi sangat lembab juga cantik, tanpa harus merasa kekeringan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This