4 Jenis Imunisasi Untuk Ibu Hamil

Ketika kita mendengar kata “imunisasi” mungkin sangat identik dengan bayi dan anak-anak. Namun tahukah Anda bahwa imunisasi juga berlaku untuk ibu hamil. Dalam hal ini pemberian vaksin atau imunisasi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara tidak langsung, vaksin yang diberikan untuk ibu hamil akan diserap oleh janin di dalam kandungan sehingga dengan begitu kekebalan tubuh bayi akan mulai terbentuk sejak dalam kandungan.

Imunisasi merupakan salah satu tindakan untuk mencegah penyakit dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunisasi ibu hamil bermanfaat untuk mencegah infeksi penyakit dan mencegah terjadinya kelainan pada bayi setelah lahir. Imunisasi untuk ibu hamil tidak hanya satu macam, setidaknya ada 4 jenis imunisasi yang diperlukan selama kehamilan. Apa saja jenis imunisasi yang dibutuhkan ibu hamil? Berikut jenis imunisasi untuk ibu hamil!

  1. Imunisasi influenza

Salah satu imunisasi pada ibu hamil yang dianjurkan yaitu imunisasi influenza. Tujuan pemberian imunisasi ini yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin dari serangan infeksi virus yang bisa menyebabkan flu. Jika dilakukan sesuai jadwal maka imunisasi ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan, bahkan sampai usia 6 bulan.

  1. Imunisasi TT (Tentanus Toksoid)

Merupakan jenis imunisasi untuk ibu hamil dan janin dalam mencegah penyakit tetanus. Perlu Anda ketahui bahwa kuman tetanus bisa menginfeksi janin di dalam kandungan. Pada kasus yang lebih parah bisa menyebabkan kematian pada janin. Jika ibu hamil tidak melakukan imunisasi ini maka bayi sangat beresiko terkena infeksi tetanus sesaat setelah tali pusar dipotong.

  1. Imunisasi hepatitis B

Imunisasi hepatitis B penting untuk dilakukan oleh ibu hamil dalam mencegah infeksi virus hepatitis yang bisa menyebabkan penyakit hati pada bayi. Imunisasi ini berguna untuk mencegah penyakit kuning pada bayi setelah lahir. Imunisasi hepatitis B disarankan untuk diberikan pada usia kehamilan pertama, kedua dan keenam.

  1. Imunisasi meningicoccal

Mengapa imunisasi ini penting untuk ibu hamil? Manfaat imunisasi meningococcal yaitu untuk mencegah penyakit meningitis atau radang selaput otak pada bayi. Imunisasi jenis ini hendaknya diberikan pada ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama.

Selain 4 jenis imunisasi diatas, ibu hamil juga disarankan untuk mendapatkan imunisasi cacar air dan MMR. Namun sebelum melakukan imunisasi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Jika imunisasi tidak dilakukan dengan cara yang tepat maka sangat beresiko akan berdampaka terhadap perkembangan janin.

Untuk menjaga kesehatan pada waktu hamil, selain dengan melakukan imunisasi, konsumsilah makanan bergizi dan biasakan untuk berolahraga. Disamping itu, hindari kegiatan atau aktivitas yang bisa membahayakan keselamatan janin.

Related Posts

Share This