4 Jenis Buah Untuk Bayi yang Aman Untuk Dikonsumsi

Buah untuk bayi merupakan salah satu sumber vitamin yang baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Pada masing-masing jenis buah memiliki sejumlah kandungan vitamin yang jelas berbeda0beda antar satu buah dengan buah yang lainnya. Bahkan masing-masing dari vitamin yang terkandung di dalam buah-buhan tersebut memiliki manfaat yang besar untuk si buah hati.

Walaupun pada dasarnya buah bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan si kecil, namun kerap kali Anda merasa bingung dalam memilih buah yang baik untuk bayi guna membantu pertumbuhan juga perkembangan si kecil, apalagi di tahapan pengenalan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Berdasarkan ahlin gizi, bahwa semua jenis buah memiliki kandungan serta manfaat yang memang bagus untuk membantu tumbuh kembang si kecil, hanya saja dalam proses pemberian buah yang bagus untuk bayi harus disesuaikan dengan usia si kecil. Anda bisa mulai memberikan buah kepada si kecil di usia 6 bulan ketika si kecil mulai di anjurkan untuk mengenal makanan pendamping ASI. Karena di usia ini tingkat kematangan sistem pencernaan si kecil mulai bisa mendukung pemberian buah.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan berbagi tips dalam memilih jenis buah yang bisa Anda berikan kepada si kecil, terutama dalam tahapan pengenalan makanan pendamping ASI. Yaitu sebagai berikut:

  1. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang bisa Anda berikan kepada si kecil. Karena kandungan yang ada di dalam buah pisang seperti fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin baik untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil. Dalam penyajiannya, bunda bisa memberikan pisang ini secara langsung dengan cara mengeruk bagian daging pisang, atau bahkan bunda bisa mencampurkannya dengan bubur atau bahkan pure, sehingga bisa menambah rasa serta tidak akan membuat si kecil merasa bosan.

  1. Tomat

Kandungan yang ada di dalam tomat juga sangat baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga vitamin A. Anda bisa memberikan tomat ini sebagai campuran bubur, sehingga bubur yang diberikan kepada si kecil memiliki rasa yang sedikit berbeda. Anda juga bisa menjadikan tomat ini sebagai pelengkap atau bahkan sebagai saus yang bisa Anda sajikan bersamaan dengan bubur atau pure.

  1. Pir

Buah pir memiliki kandungan vitamin seperti fosfor, kalium, kalsium dan juga vitamin C yang juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan si kecil. Untuk penyajian buah pir ini, Anda bisa menyajikannya dengan cara memotong kecil-kecil bagian buah pir, setelah itu kukus sampai keadaan melunak. Setelah itu sajikan untuk si kecil.

  1. Apel

Kandungan gizi yang ada di dalam buah apel juga tidak kalah hebatnya. Karena kandungan yang ada di dalam buah apel seperti kalium,fostor, kalsium, megnesium, vitamin A, vitamin C sangat baik juga untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang bisa Anda berikan kepada si kecil sebagai makanan pendamping ASI. Semoga dengan adanya artikel kami kali ini bisa sangat membantu Anda semua dalam memilih jenis buah-buhan yang baik untuk di konsumsi si kecil.

Related Posts

Share This