4 Hal Yang berkaitan Dengan Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil Muda

Setiap pasangan suami isteri tentunya mendambakan kehadiran seorang anak dalam perkawinan mereka. Kehamilan menjadi suatu momen yang paling dinantikan dan menjadi anugerah terindah ketika mendapatkannya. Untuk mendapatkan seorang anak yang sehat dan cerdas, tentunya kehamilan harus dijaga dan dirawat dengan baik dengan cara menjaga asupan makanan yang bergizi ataupun menghindari hal-hal yang bisa membahayakan kehamilan tersebut.

Usia kehamilan pada tahap awal atau trimester pertama merupakan usia yang masih sangat muda dan rentan terjadi gangguan karena plasenta belum menempel erat pada dinding rahim. Kehamilan trimester pertama harus benar-benar dijaga dengan baik dan menghindari aktivitas yang bisa menyebabkan guncangan atau kontraksi. Selain itu, ibu hamil muda juga harus mengetahui jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama menjalani kehamilan karena bisa membahayakan keselamatan janin.

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Banyak resiko yang bisa terjadi pada waktu hamil muda jika tidak bisa menjaga kehamilan dengan baik. Salah satu kondisi yang paling rentan terjadi pada saat hamil muda yaitu keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengetahui hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada waktu hamil muda. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi informasi mengenai pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil muda yang berkaitan erat dengan makanan. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Makanan setengah matang atau tidak diolah dengan benar

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda yaitu mengkonsumsi makanan setengah matang. Makanan setengah matang yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil muda yaitu daging. Makanan yang diolah dengan carayang tidak benar sangat rentan mengandung bakteri salmonella dan listeria yang bisa mengakibatkan keguguran atau janin meninggal di dalam kandungan.

  • Minuman yang mengandung kafein

Pada zaman sekarang, minuman berkafein seperti kopi maupun teh sudah menjadi minuman favorit dikalangan masayarakat. Namun tahukah Anda bahwa minuman berkafein tidak dianjurkan bagi ibu hamil muda. Hal ini karena kafein bisa menembus lapisan pelindung janin atau palsenta sehingga mengakibatkan detak jantung dan pernafasan bayi terganggu. Selain itu, kafein juga sangat rentan mengakibatkan keguguran dan berat badan abnormal pada bayi.

  • Makanan laut atau seafood

Sebenarnya seafood tidak dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil jika masigh dalam batas yang wajar dan selektif. Makanan yang satu ini justru dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung banyak omega-3 yang berguna untuk menunjang perttumbuhan dan perkembangn bayi. Supaya aman dikonsumsi sebaiknya ibu hamil lebih selektif dan memilih jenis seafood yang rendah atau bahkan bebas merkuri.

  • Produk olahan susu

Pada dasarnya susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh terutama ibu hamil. Namun jika susu dikonsumsi tanpa pengolahan yang benar maka akan membahayakan keselamatan janin di dalam kandungan. Susu yang bel;um di pasteurisasi atau dipanaskan dengan suhu 60 derajat sangat rentan mengandung bakteri salmonella, E. coli dan listeria.

Nah itulah hal yang berkaitan dengan makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Pastikan semua jenis makanan yang akan dikonsumsi dalam keadaan bersih dan melalui pengolahan yang benar sehingga tidak akan berdampak buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi supaya kehamilan Anda senantiasa sehat dan janin pun tumbuh dengan baik tanpa gangguan yang berbahaya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517