4 Hal Sederhana yang Bisa Menjadi Penyebab Gemuk

Penyebab gemuk. Tidak ada satupun orang yang memang ingin memiliki bentuk badan yang gemuk, terutama kaum wanita. Karena umumnya, kita hanya ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal serta terhindar dari yang namanya masalah kegemukan.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa penyebab gemuk bukan hanya karena kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan, baik yang sehat atau bahkan yang tidak sehat. Karena jika kita melihat lebih jauh lagi, penyebab gemuk juga bisa disebabkan oleh faktor genetic atau faktor bawaan, serta beberapa pengaruh yang lainnya yang memang terlihat begitu sederhana.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal sederhana yang memang bisa menjadi penyebab dari kegemukan Anda, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kebiasaan Telat Bangun

Bagi Anda yang memang memiliki kebiasaan susah untuk bangun di pagi hari, maka sudah sepantasnya Anda untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Karena nyatanya, kebiasaan telat bangun ini juga bisa menjadi pemicu Anda memiliki berat badan yang berlebih atau kegemukan. Apalagi, ketika Anda terbangun dari tidur, Anda langsung makan tanpa membersihkan diri dengan mandi.

Padahal sebuah study juga telah menunjukkan, bahwa terbangun di pagi hari dan bergegas mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin mampu mengurangi jumlah lemak yang ada di dalam tubuh yang memang menjadi faktor utama Anda kegemukan.

2. Stress

Penyebab dari kegemukan yang selanjutnya adalah stress. Karena ketika seseorang mengalami stress, maka ia tidak akan sadar kalau ia akan makan dalam jumlah yang berlebihan. Bahkan karena rasa stress tersebut, seseorang tersebut juga tidak akan menyadari kalau sebagian besar hidupnya dihabiskan untuk makan, tidur, merenung di dalam kamar atau bahkan ngemil tanpa melakukan aktivitas apapun. Dan hal tersebutlah yang dapat memicu kegemukan.

3. Pengaruh Obat-Obatan

Ada juga beberapa study yang menyebutkan, jika beberapa jenis obat-obatan mampu menjadikan tubuh seseoarng menjadi gemuk. Dan yang sangat di sayangkan lagi, kegemukan ini merupakan salah satu jenis kegemukan yang memang tidak sehat.

4. Menopause

Ketika Anda memasuki masa menopause, maka sebagian besar dari Anda akan kehilangan yang namanya keenerjikan juga kelincahan. Bukan hanya itu, proses dari metabolisme tubuh juga akan terus melambat bahkan sistem hormon akan mengalami yang namanya perubahan. Dan di saat inilah, nafsu makan Anda akan terus bertambah, dan tubuh akan mengalami yang namanya perubahan. Dan untuk perubahan yang terlihat begitu jelas yaitu bentuk atau ukuran tubuh Anda.

Nah, itulah beberapa hal sederhana yang memang bisa menyebabkan kegemukan yang memang sangat jarang Anda sadari. Dan terlepas dari beberapa hal di atas, pola makan yang tidak baik, pola tidur yang tidak tepat, serta pola hidup juga menjadi penyebab kegemukan yang lainnya yang memang harus Anda perhatikan dengan tepat.

Related Posts

Share This