4 Cara Tepat Melatih Anak Berjalan Dengan Baik

Ketika si buah hati di lahirkan ke dunia ini, pastinya orang tua akan sangat merasa bahagia, bukan? Akan tetapi, perasaan bahagian yang di rasakan orang tua tidak akan berhenti sampai di situ saja. Akan lebih banyak lagi fase-fase yang nantinya dialami oleh si kecil, dan hal itu akan membuat orangtua selalu ingin mengawasi juga memperhatikan setiap perkembangan si buah hati, bahkan keinginan orang tua untuk memberikan cara melatih anak berjalan akan semakin kuat.

Bahkan fase yang akan sangat di tunggu oleh orangtua yaitu fase di mana si kecil mulai ingin berlatih untuk berjalan. Karena berjalan merupakan salah satu fase atau tahapan yang menunjukkan perkembangan motorik kasar terhadap anak yang sangatlah penting. Dengan berjalan, tentunya si kecil mampu meraih sesuatu yang diinginkannya dengan mudah juga cepat.

Melatih Anak Berjalan

Akan tetapi, sebelum bunda melatih si kecil untuk belajar berjalan, sebaiknya bunda harus mengetahui terlebih dahulu cara melatih anak berjalan usia 1 tahun, serta memperhatikan beberapa tanda bahwa si kecil sudah siap untuk berjalan. Perlu bunda ketahui, bahwa sebelum berjalan si kecil harus melewati beberapa fase perkembangan, seperti berguling, duduk dengan posisi tegak, serta merangkak. Namun, ada juga sebagian anak-anak yang memang tidak melalui fase merangkak, melainkan mereka langsung berjalan dengan cara berpegangan pada benda yang ada di sekitarnya.

Lantas, bagaimana cara melatih anak berjalan yang baik dan benar? Bunda ingin tahu jawabannya? Jika jawabannya iya, maka bunda bisa memperhatikan tips mengajar anak berjalan di bawah ini:

  1. Meletakkan benda besar di dekatnya

Salah satu pertanda bawha si kecil sudah mulai siap untuk berjalan yaitu ia bisa mengangkat dirinya sendiri dari posisi duduk ke posisi berdiri dengan cara berpegangan pada benda yang ada di sekitarnya, misalnya seperti berpegang ke meja atau kursi. Jika bunda mulai melihat si kecil melakukan hal tersebut, maka sebaiknya bunda mulai melatih si kecil untuk berjalan dengan mencoba meletakkan benda kesukaan di sekitarnya. Akan tetapi, ketika bunda akan melatih si kecil berjalan, bunda harus memastikan tidak ada benda-benda yang berbahaya di sekitar si kecil seperti paku, kunci lemari, dan lain sebagainya.

  1. Memegang tangan si anak

Ketika bunda akan mengajarkan si kecil berjalan, maka bunda bisa mengajarinya dengan cara memegang kedua tangan si kecil serta mengajaknya berjalan. Bunda bisa memegang kedua tangan si kecil dari bagian punggungnya. Akan tetapi, bunda jangan terlalu menariknya ke atas atau bahkan memegangnya terlalu kencang. Dan setelah itu, bunda bisa mencoba untuk mengarahkan salah satu tangan si kecil ke depan secara bergantian dengan cara yang perlahan namun pasti, sehingga si kecil mulai berani untuk menggeser kakinya sendiri.

  1. Menggunakan mainan kesukaan si anak

Cara lain yang bisa bunda gunakan agar si kecil bisa dengan cepat berjalan yaitu, dengan menggunakan mainan kesukaan si kecil. Bunda bisa mencoba meletakkan mainan yang di sukai si kecil di sekitarnya, setelah itu, biarkan si kecil untuk meraih mainan itu sendiri dengan cara berjalan. Karena mainan yang di sukai mampu menarik perhatian si kecil untuk terus berjalan.

  1. Bye..bye.. baby walker

Ketika bunda tengah mengajarkan si kecil berjalan, sangat tidak di sarankan untuk menggunakan baby walker. Mengapa? Karena alat yang satu ini justru bisa menganggu perkembangan otot-otot kaki si kecil. Bukan hanya itu, alat ini juga bisa menimbulkan bahaya pada si kecil, misalkan si kecil bisa terjungkal. Dan kecelakaan seperti ini bisa berakibat fatal pada si kecil.

Dan itulah 4 cara melatih anak berjalan yang bisa bunda terapkan kepada si kecil. Satu hal yang harus bunda ingat, jangan pernah bunda memaksa si kecil untuk berjalan jika memang waktunya belum tepat. Karena memaksa anak untuk berjalan di waktu yang tidak tepat akan sangat membahayakan tubuh si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517