4 Cara Mudah Memberikan Perawatan Rambut Keriting Pada Bayi

Perawatan rambut keriting – Hi bunda! Apakah Anda tahu kalau rambut yang dimiliki si kecil merupakan rambut velus. Rambut velus yaitu rambut yang bersifat sementara yang nantinya akan habis sampai usianya 1-3 bulan. Umumnya, tebal atau bahkan tipisnya rambut bayi sepenuhnya dipengaruhi oleh gen atau faktor keturunan.

Si kecil bisa saja memiliki bentuk rambut yang lurus atau bahkan ikal atau keriting. Dan rambut keriting di bedakan menjadi tiga jenis, yaitu rambut keriting yang besar, keriting kecil serta keriting yang melingkar. Kerap kali rambut keriting memiliki masalah dalam proses perawatan rambut keriting. Mengapa? Karena rambut keriting memiliki tekstur yang berbeda-beda. Nah, jika si kecil memiliki rambut keriting, maka setidaknya Anda harus benar-benar memahami dan mengetahui cara merawat rambut keriting si kecil.

Untuk merawat rambut keriting yang dimiliki oleh si kecil, maka Anda bisa melakukannya dengan cara di bawah ini, yaitu:

  1. Menjaga Kelembapan

Jika si kecil memiliki rambut keriing, maka Anda harus bisa menjaga kelembaban rambutnya, sehingga keadaan rambut yang keriting akan tetap halus juga lembut. Ketika itu, Anda bisa menggunakan perawatan deep conditioning dua minggu sekali. Dan untuk anak yang memiliki rambut yang keriting juga kering, alangkah lebih baik jika tidak berkeramas terlalu sering.

  1. Mengeringkan rambut

Jika si kecil memiliki rambut keriting, maka Anda harus menghindari penggunaan handuk dengan tekstur kasar ketika Anda mengeringkan rambut si kecil atau bahkan ketika Anda sengaja membungkus rambut si kecil dengan menggunakan handuk guna membuat rambut si kecil cepat kering.

Untuk keadaan rambut yang kering, maka Anda harus mengeringkannya secara perlahan. Anda bisa mengeringkan rambut si kecil dengan menggunakan handuk yang memiliki bahan yang halus, setelah itu usaplah secara perlahan sehingga rambut menjadi tidak berantakan.

  1. Oleskan Conditioner

Anda bisa mengoleskan conditioner pada rambut si kecil setelah Anda mencuci rambutnya. Anda dianjurkan untuk memiliki conditioner yang tepat yang memang bisa memudahkan Anda dalam menyisir rambutnya, terutama ketika selesai berkeramas. Pilih produk yang memang aman di gunakan oleh bayi, jika perlu gunakan produk atas saran dari dokter.

  1. Pilih sisir yang tepat

Untuk anak yang memiliki bentuk rambut yang keriting, maka disarankan untuk menggunakan sisir yang lebih renggang dari sisir umumnya. Sisir yang renggang atau bahkan sisir jarang bisa mempermudah Anda dalam merapikan rambut si kecil yang keriting. Bahkan dengan Anda menggunakan jenis sisir ini, bisa membantu si kecil mengurangi kesakitan yang di timbulkan karena rambut keriting yang kuat.

Bukan hanya itu, untuk anak yang memang memiliki jenis rambut keriting, sebaiknya di sisir ketika keadaan rambut mulai kering. Sedangkan untuk anak yang masih berusia di bawah satu tahun, dan rambut keritingnya masih belum terlihat dengan jelas, maka Anda bisa menggunakan sisir lembut yang memang khusus untuk bayi.

Related Posts

Share This