4 Cara Mengurangi Mata Minus Yang Bisa Anda Lakukan

Indera penglihatan sangat penting dan kesehatan harus benar-benar dijaga. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa memicu kerusakan. Salah satu gangguan pada mata yaitu minus sehingga membuat si penderita tidak bisa melihat benda yang berada dengan jarak cukup jauh. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab ada cara mengurangi mata minus dengan mudah.

Penyebab mata minus sangat beragam seperti kebiasaan membaca sambil berbaring, nonton TV terlalu dekat, membaca dan bermain gadget di ruangan yang gelap dan pancaran radiasai dari ponsel atau layar monitor computer. Penderita mata minus biasanya disarankan untuk menggunakan kacamata sehingga bisa kembali melihat dengan jelas. Namun cara ini bukanlah solusi yang ampuh untuk mengurangi mata minus.

Adapun gejala yang menandakan bahwa Anda terkena mata minus yaitu sakit kepala pada bagian depan dekat mata, mata perih, terasa berat dan sering berair. Benda yang jauh tidak akan terjangkau oleh penglihatan sehingga membutuhkan bantuan dari kacamata.

Berikut Cara Untuk Mengurangi Mata Minus

Menjaga kesehatan mata adalah suatu keharusan supaya fungsinya berjalan dengan baik. Jika Anda sudah terlanjur mengalami mata minus maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Bagi Anda yang ingin memiliki mata sehat maka perbanyaklah konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur. Jenis sumber makanan yang baik untuk menutrisi mata yaitu bayam, wortel, telur, bawang merah, bawang putih, alpukat, salmon dan jenis sayuran hijau lainnya. Supaya tidak bosan, Anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur dalam bentuk olahan seperti jus dan salad. Perlu Anda ketahui bahwa buah dan sayur menyediakan kandungan gizi untuk menutrisi mata seperti vitamin A, betakaroten, vitamin C dan lain sebagainya.

  1. Senam Mata

Cara lain untuk mengurangi mata minus yaitu dengan melakukan senam mata. Manfaat senam mata diantaranya yaitu untuk melatih fokus mata dan memperlancar aliran darah di sekitar mata. Jenis latihan ini bisa Anda lakukan dengan cara melihat benda/objek pada jarak yang berbeda. Lalu kedipkan mata dengan normal tidak terlalu cepat dan lambat. Lakukan secara rutin sehingga mampu mengatasi masalah seputar keluhan tersebut.

  1. Manjakan Mata

Tidak ada salahnya jika Anda memanjakan mata dengan cara melihat pemandangan yang indah seperti alam. Hal ini dinilai cukup efektif untuk memberikan penyegaran pada mata. Dengan begitu maka secara perlahan membantu menurunkan dan mengurangi mata minus.

  1. Kacamata

Kacamata merupakan alternatif untuk terapi mata dan menormalkan kembali penglihatan yang kabur. Hal ini akan membantu mengatasi cahaya yang menyilaukan mata. Akan tetapi penggunaan kacamata bisa membatasi ruang untuk pergerakan Anda jika belum terbiasa.

Begitulah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata minus. Menjaga dan mencegah akan lebih baik daripada harus mengobati. Salam sehat!

Related Posts

Share This