4 Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Cara mengatasi sakit kepala. Setiap orang tentunya pernah mengalami sakit kepala. Gangguan kesehatan ini memang tergolong ringan, namun bisa mengganggu kenyaman ketika beraktivitas. Bahkan ktidak jarang sakit kepala justru menghambat pekerjaan penting. Hal ini sebaiknya jangan terjadi dan segera atasi sakit kepal dengan cara mudah tanpa harus mengkonsumsi obat.

Penanganan sakit kepala dengan mengandalkan obat sebenarnya kurang efektif untuk jangka panjang. Setelah mengkonsumsi obat memang langsung bereaksi dan cepat merdakan. Namun ada efek jangka panjang yang bisa membahayakan kesehatan Anda dari obat kimia tersebut. Nah, berikut ini penulis akan memberikan tips dan cara mengatasi sakit kepala tanpa menggunakan obat.

  1. Mandi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika sakit kepala yaitu segera mandi. Anda bisa mengguyur seluruh tubuh dengan air atau untuk lebih nyaman gunakan shower. Bahkan untuk menambah rasa nyaman maka Anda bisa menggunakan air hangat. Anda bisa menambahkan serai kedalam air hangat sehingga aromanya lebih rileks. Cara seperti ini akan membuat Anda merasa lebih rileks dan memperlancar sirklulasi darah pada bagian kepala.

  1. Tidur

Tidur merupakan cara praktis untuk meredakan sakit kepala. Hal ini karena seringkali sakit kepala disebabkan oleh kondisi tubuh yang kecapean. Dengan tidur maka akan membuat tubuh kembali bugar dan terhindar dari keletihan. Namun jika Anda tidak memiliki waktu lama untuk tidur maka sebaiknya pejamkan mata dan baringkan tubuh beberapa saat hingga menjadi tenang. Dengan begitu maka sakit kepala secara perlahan akan hilang.

  1. Kompres Leher

Cara selanjutnya yaitu dengan mengompres leher. Seperti yang kita ketahui bahwa sakit kepala seringkali disebabkan oleh kondisi tubuh yang letih dan otot-otot tegang. Nah, untuk meregangkan otot yang tegang maka Anda bisa mengompres bagian tengkukĀ  leher menggunakan air hangat. Gunakan handuk kecil dan basahi dengan air hangat.

  1. Minum Air Hangat
Baca Juga:  Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi Menurut WHO

Ketika sakit kepala, cobalah minum air hangat untuk meredakan otot yang kaku dan tegang. Minuman hangat berguna untuk meredakan sakit kepala ringan yang Anda derita. Teh dengan campuran madu atau air lemon hangat bisa menjadi pilihan Anda dalam meredakan sakit kepala. Selain itu, Anda juga bisa membuat racikan air jahe sehingga membuat perasaan Anda legih tenang. Secara perlahan sakit kepala akan reda.

Mudah bukan? Jika Anda sakit kepala sebaiknya jangan langsung minum obat karena justru kandungan bahan kimia dari obat akan menyebabkan resiko kesehatan dalam jangka panjang. Jika memungkinakan menggunakan bahan alami maka hindari penggunaan bahan kimia. Jika sakit kepala kyang Anda derita tak kunjung hilang dalam beberapa hari maka sebaiknya periksakan ke dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517