4 Cara Mengatasi Dehidrasi yang Paling Cerdas

Cara mengatasi dehidrasi. Dehidrasi akan dialami oleh seseorang ketika kondisi tubuh seseorang tersebut mengeluarkan cairan dalam jumlah yang banyak, sementara itu orang yang mengalami dehidrasi ini tidak sukup mengkonsumsi banyak cairan atau kekurangan cairan. Dan beberapa hal yang dapat menyebabkan dehidrasi diantaranya seperti demam, diare, muntah bahkan cuaca yang terlalu panas.

Nah, untuk mengatasi dehidrasi, maka Anda bisa melakukan beberapa cara yang cerdas, diantaranya seperti

1. Minum air yang banyak

Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka Anda dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi cairan. Hal ini karena air merupakan salah satu hal yang cukup baik untuk merehidrasi tubuh karena dehidrasi. Bahkan, menurut Institute of Medicine, para pria dewasa yang dinyatakan memiliki kondisi kesehatan yang sehat yang memang tinggal di iklim yang sedang masih membutuhkan asupan cairan sekitar 13 cangkir atau 3 liter setiap harinya. Sedangkan untuk wanita dewasa, mereka membutuhkan asupan cairan sekitar 9 gelas atau 3 liter untuk asupan setiap harinya.

2. Mengkonsumsi oralit

Anda juga bisa mengkonsumsi oralit untuk menghindari dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda bisa menambahkan ½ sendok the garam yang di campurkan dengan 6 sendok the gula pasir atau gula merah kedalam satu gelas air minum. Ketika itu, Anda cukup mengaduk campuran tersebut sampai tercampur rata, sampai keadaan gula dan garam benar-benar tercampur rata. Ketika itu, minumlah oralit yang telah Anda buat agar dehidrasi Anda bisa berkurang.

3. Mengkonsumsi buah-buhan

Ketika Anda mengalami dehidrasi, maka Anda juga bisa mengkonsumsi sejumlah buah-buhan yang memang memiliki kandungan air yang banyak, seperti melon, jeruk, mentimun, semangka, dan beberapa jenis buah lainnya yang memang memiliki kandungan air yang banyak yang bisa membantu mengatasi dehidrasi yang Anda alami. Bahkan sebuah penelitian juga menyebutkan, bahwa buah-buhan juga sayuran yang memang memiliki kandungan kadar air yang tinggi, mampu menghidrasi tubuh dua kali lebih baik jika di bandingkan dengan satu gelas air.

4. Air kelapa

Bukan hanya air mineral, karena Anda juga bisa mengkonsumsi satu gelas air kelapa muda. Karena air kelapa muda juga bisa membantu Anda untuk mengatasi dehidrasi. Kandungan elektrolit yang tinggi yang ada di dalam air kelapa membuat minuman tersebut merupakan minuman yang sangat hydrating. Pastinya air kelapa ini tidak membahayakan kondisi tubuh Anda, bahkan Anda tidak perlu merasa khawatir, karena air kelapa ini memiliki kandungan gula juga kalori dalam jumlah yang sedikit.

Nah, itu dia beberapa cara cerdas yang memang wajib Anda lakukan ketika Anda mengalami dehidrasi. Karena jika dehidrasi tersebut tidak segera di alami, akan berakibat fatal untuk kesehatan tubuh Anda, bahkan bisa berujung pada kematian.

Related Posts

Share This