4 Cara Mencegah Gigi Berlubang

Kesehatan gigi sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena jika gigi bermasalah maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh yang lainnya. Bagaimanapun gigi memiliki fungsi untuk memotong dan menghaluskan makanan sebelum masuk ke lambung. Jika proses di dalam mulut tidak sempurna maka hal ini akan berdampak terhadap penyerapan nutrisi di dalam usus. Oleh karena itu penting sekali bagi kita semua untuk mengetahui cara mencegah gigi berlubang sejak dini supaya tidak terhindar dari kerusakan.

Salah satu faktor penyebab yang paling umum menyebabkan gigi berlubang adalah makanan/minuman manis dan kebiasaan jarang sikat gigi sebelum tidur. Bakteri yang menempel pada gigi akibat adanya penumpukan sisa makanan akan mempercepat kerusakan pada gigi. Kondisi gigi yang berlubang biasanya menimbulkan rasa sakit dan menimbulkan bau mulut. Kondisi tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Inilah Tips dan Cara Mencegah Gigi Berlubang

  1. Hindari Soda

Seperti yang kita ketahui bahwa soda memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh seperti menyebabkan kenaikan berat badan secara berlebih/obesitas. Kebiasaan mengkonsumsi soda juga ternyata menyebabkan kerusakan pada gigi. Soda akan mengikis email gigi sehingga lebih mudah keropos dan ngilu.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi jenis minuman yang satu ini sebaiknya membatasi. Sebab jika email gigi rusak maka akan berimbas pada kerusakan gigi dan rentan sekali berlubang. Selain soda, Anda juga harus menghindari jenis minuman manis lainnya yang mengandung kadar gula tinggi.

  1. Rajin Gosok Gigi

Cara yang mudah untuk menjaga kesehatan gigi yaitu dengan rutin menggosok gigi. Menjaga kebersihan gigi menjadi faktor penting untuk menghindari keluhan seputar gigi. Tindakan ini akan menghindarkan Anda dari gigi berlubang. Disarankan untuk menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Mengabaikan kebersihan gigi sebelum tidur akan membuat pertumbuhan bakteri pada gigi semakin berkembang sehingga kerusakan tidak bisa dihindari.

  1. Biasakan Banyak Mengkonsumsi Air

PAda dasarnya kerusakan pada gigi diakibatkan oleh penumpukan asam sehingga secara perlahan menggerogoti lapisan gigi. Nah, asam tersebut bisa dinetralisir dengan air liur namun jika tubuh kurang asupan cairan maka hal ini tidak berlaku. Maka dari itu untuk mencegah penumpukan asam pada gigi dan menjaga produksi air liur maka perbanyaklah konsumsi air putih setiap harinya. Biasakan juga untuk minum air putih sebelum tidur untuk menetralkan asam pada gigi.

  1. Penuhi Kebutuhan Kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi penting untuk gigi. Fungsi kalsium memang sangat vital bagi kesehatn tulang dan gigi. Asupan kalsium harus dijaga sebagai upaya untuk memperkuat gigi sehingga terhindar dari gigi berlubang. Maka dari itu konsumsilah susu dan jenis makanan lain yang memiliki kandungan kalsium dalam kadar yang mencukupi.

Related Posts

Share This