4 Cara Membedong Bayi yang Tepat Dan Aman

Cara membedong bayi. Membedong bayi sebenarnya boleh saja di lakukan, selama Anda melakukannya dengan cara yang baik dan tepat. Karena, ketika Anda membedong bayi, maka si kecil akan merasakan kehangatan yang sama percis ketika ia berada di dalam kandungan. Bahkan, ketika si kecil berada di dalam bedongan, maka si kecil akan merasa lebih nyaman juga aman.

Nah, jika seperti itu, bagaimana cara memebdong bayi yang tepat dan aman? Berikut ini ada beberapa cara atau langkah yang bisa Anda terapkan guna membedong si kecil dengan cara yang benar, yaitu sebagai berikut:

1. Sebentar

Ketika Anda hendak membedong si kecil, sebenarnya Anda tidak perlu membedongnya sepanjang hari dari pagi sampia sore. Karena membedong yang benar itu di lakukan hanya sementara atau sebentar saja, terutama ketika si keicl tengah tertidur. Hal ini penting Anda lakukan guna kenyamanan serta perkembangan tubuh si kecil.

2. Longgar

Satu hal yang memang sangat penting untuk Anda perhatikan ketika membedong bayi, yaitu Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan bedong yang terlalu ketat, karena ketika Anda membedong dengan sangat ketat maka bisa mengganggu sistem pernapasan juga peredaran darah si kecil. Yang penting adalah, Anda harus benar-benar memperhatikan kenyamanan bayi Anda, dan pakaikan bedong dengan cara yang benar, tidak terlalu longgar juga tidak terlalu ketat.

3. Waktu membedong

Bedong sebaiknya di gunakan sampia usia si kecil memasuki usia 3 bulan saja, karena di usia 3 bulan si kecil mulai aktif untuk bergerak. Jika ketika usia 3 bulan si kecil masih menggunakan bedong, terutama yang sudah aktif, maka hal tersebut malah bisa membatasi pergerakan buah hati Anda. Dan Anda sangat dianjurkan untuk membebaskan gerakan-gerakan si kecil, jangan sampia membatasinya.

4. Kain

Untuk kain pembungkus, Anda dianjurkan untuk memiliki kain yang lembut serta menyerap keringat. Di samping itu, Anda juga diabnjurkan untuk menggunakan kain yang agak tipis, hal ini bertujuan agar si kecil tidak merasa kepanasan dan ia akan tetap nyaman dengan kondisinya saat itu.

Bukan hanya itu, Anda juga harus selalu mengecek apakah kain bedong si kecil basah atau tidak, jika kain bedongannya basah, maka hal tersebut bisa membuat buah hati Anda merasa tidak nyaman. Bahkan bisa berakibat buruk untuk kesehatannya, seperti mengalami biang keringat atau bahkan lecet-lecet di beberapa bagian anggota tubuhnya.

Nah, itu dia beberapa cara yang memang harus Anda perhatikan terkait dengan cara membedong bayi. Ketika Anda akan memebdong bayi, maka pastikan bedongan tersebut bersih dan gunakan kain bedongan yang benar agar si kecil merasa nyaman. Di samping itu, lakukan pula cara membedong bayi yang benar dan tepat, sangat tidak dianjurkan untuk membedong terlalu ketat bahkan terlalu longgar.

Related Posts

Share This