4 Cara Ampuh Menggemukkan Anak Kurus

Permasalahan gizi terhadap anak ternyta bukan hanya sebatas kelebihan berat badan ataupun obesitas saja, namun ada juga beberapa diantaranya anak kurus, dan itu menjadi persoalan yang baru. Lantas, bagaimana caranya yang tepat agar bunda bisa menggemukkan kembali anak kurus?

Anak kurus atau seoarng anak yang memiliki berat badan di bawan normal bisa menjadi salah satu pertanda adanya permasalahan dalam asupan gizi, kesehatan bahkan sampai komplikasi emosional yang terjadi pada anak, dan anak sangat membutuhkan asupan gizi yang baik juga vitamin untuk anak kurus. Dan hal ini biasanya akan di ketahui dengan cara mengukur indeks massa tubuh atau IMT yang mana diketahui melalui perbandingan tinggi juga berat badan si kecil.

vitamin untuk anak kurus

Salah satu penyebab anak kurus yaitu anak susah makan, namun jika bunda ingin menggemukkan kembali anak kurus, maka berikut ini ada beberapa cara sehat yang bisa bunda terapkan guna membantu menaikkan berat badan si kecil yang memiliki potur tubuh yang kurus, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi lemak jantung yang sehat

Untuk menaikkan berat badan si ekcil, maka bunda bisa memberikan si kecil lemak jantung yang sehat. Menambahkan lemak jantung yang sehat dalam pola makanan si kecil bisa menambahkan kalori yang memang di butuhkan oleh tubuh guna menaikkan berat badan. Bunda bisa mengganti margarin, mentega serta beberapa lemak yang lainnya dengan lemak yang jauh lebih sehat, misalkan seperti lemak yang ada di dalam kandungan buah alpukat, minyak goreng, serta kacang-kacangan.

  1. Membuat rencana pola makan

Bunda bisa mengajak si kecil untuk berpartisipasi dalam merencanakan setiap pola makan, hal ini di lakukan agar pola makan bisa lebih menyenangkan serta bisa mempromosikan sejumlah makanan yang sehat untuk si kecil. Mengajarkan si kecil untuk menyiapkan makanan juga bisa menambah gairah ketika si kecil makan dan buatlah suasana makan yang santai untuk si kecil.

  1. Memberikan anak shake dan smoothies

Bukan hanya itu, mengkonsumsi minuman shake juga smoothies bisa menambahkan kalori yang tinggi pada tubuh, bahkan minuman ini juga sangat kaya akan gizi yang baik. Bunda bisa mencampurkan sejumlah buah seperti stroberi, pisang, dan beberapa jenis buah lainnya, bunda juga bisa menambahkan yogurt sehingga si kecil bisa lebih menikmati minumannya. Bukan hanya buah, bunda juga bisa mencampurkan sejumlah buah dengan sayuran yang di tambahkan dengan madu sebagai pemanis tambahan.

  1. Jangan memberikan anak makanan cepat saji

Perlu bunda ketahui, bahwa makanan cepat saji memiliki kandungan kadar garam, gula serta lemak jenuh yang tinggi yang memang tidak baik untuk kesehatan tubuh si ekcil. Jika bunda menginginkan si kecil sehat dan memiliki postur tubuh yang baik, maka si kecil juga di haruskan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, dan junk food cenderung memiliki kalori kosong yang tidak baik untuk tubuh. Jadi walaupun berat badan si kecil bertambah, namun tetap, tubuh si kecil tidak akan pernah sehat dan cenderung memiliki berat badan yang berlebihan.

Dan itulah beberapa cara yang bisa bunda terapkan terhadap anak kurus agar si kecil bisa kembali mendapatkan postur tubuh yang baik, semoga dengan postingan kali ini bisa membantu bunda untuk memberikan makanan yang sehat kepada si kecil.

Related Posts

Share This