4 Cara Ampuh Mengatur Pola Makan Ibu Hamil Agar Mendapatkan Tidur yang Nyaman

Pola makan ibu hamil. Hi bumil! Selamat ya atas kehamilannya. Ketika Anda mendapatkan kehamilan, yang merupakan salah satu anugerah terbesar yang di berikan oleh Yang maha Kuasa, maka umumnya Anda akan mendapatkan berbagai macam gangguan selama kehamilan, salah staunya yaitu gangguan tidur yang tidak nyaman.

Sangat berbeda dengan keadaan Anda sebelum mengandung, mungkin posisi miring merupakan salah satu posisi yang paling nyaman ketika Anda tidur. Namun keadaan perut yang semakin hari semakin besar pastinya akan menyulitkan Anda untuk bernafas dengan posisi tidur terlentang, sehingga posisi yang tepat ketika Anda mengandung yaitu posisi yang miring.

Namun bukan hanya posisi tidur, pola makanan sehat untuk ibu hamil juga harus di perhatikan dengan baik agar ibu hamil mendapatkan tidur nyenyak. Karena gangguan tidur selama kehmailan bisa menyebabkan beberapa gangguan kehamilan yang lainnya, seperti mual, sesak nafas, kembung, kram di bagian kaki sampai mendengkur.

Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa tips konsumsi makanan untuk ibu hamil agar mendapatkan tidur yang nyenyak juga nyaman, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari kafein

Ketika Anda mengandung, maka usahakan Anda untuk tidak mengkonsumsi kafein seperti kopi, the, juga soda dalam jumlah yang berlebihan, apalagi ketika ANda akan menjelang waktu tidur.

Kafein yang terkadung di dalam makanan atau bahkan minuman bukan hanya bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam, namun kafein yang Anda konsumsi juga bisa meningkatkan detak jantung, dan itu tidak baik untuk ibu hamil.

  1. Kurangi minum air di sore dan malam hari

Minumlah dalam jumlah yang lebih banyak dari pagi sampai siang hari, akan tetapi Anda harus menguranginya ketika sore hari menjelang malam hari. Karena hal ini bisa membantu Anda agar mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak karena tidak harus terbanung di malam hari karena keinginan buang air becil.

  1. Hindari makan pedas dan berat sebelum tidur

Anda harus bisa menghindari makanan yang pedas serta asam, hal ini dikarenakan bisa beresiko menyebabkan sakit perut sampai terjadinya diare. Maka dari itu Anda di anjurkan untuk mebngkonsumsi makanan yang mudah untuk di cerna serta memiliki kandungan karbohidrat.

  1. Ngemil sebelum tidur

Jangan pernah Anda berfikiran untuk melakukan diet ketika Anda hamil. Jika Anda kerap kali mengalami morning sickness, ngemil makanan kecil di malam hari sebelum tidur justru bisa mengurangi morning sickness di pagi harinya.

Nah, itulah beberapa tips mengatur pola makan ibu hamil agar bisa mendapatkan tidur yang nyaman juga nyenyak di malam harinya. Makanlah dengan porsi yang cukup serta menutrisi, dan hal tersebut harus Anda jadikan prioritas ketika Anda tengah hamil.

Related Posts

Share This