4 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

Ketika si kecil mengalami batuk, pastinya ada banyak cara yang memang bisa Anda lakukan guna mengatasi batuk pada anak. Dimulai dari obat-obatan yang di berikan dari dokter, obat-obatan herbal hingga obat tradisional.
Di Indonesia sendiri, sejak zaman dulu, obat-obatan tradisional lebih banyak di pilih untuk mengatasi batuk pada anak, karena selain bahan-bahannya yang alami dan mudah di dapat, obat tradisional juga tidak memberikan efek yang buruk untuk kesehatan si kecil.

Nah, di bawah ini ada beberapa obat alami yang memang bisa Anda berikan kepada si kecil untuk mengatasi batuk yang di alaminya, yaitu sebagai berikut:

1. Jeruk Nipis + Madu

Untuk bayi yang memang sudah berusia di atas 1 tahun, maka Anda bisa mencoba untuk mengatasi batuk pada anak dengan menggunakan minuman hangat yang telah di campurkan dengan jeruk nipis juga madu. Karena campuran jeruk nipis dengan madu ini dipercaya mampu meredakan gatal terhadap tenggorokan serta mampu merangsang keluarnya air liur atau dahak yang memang bisa membuat batuk menjadi reda.

Untuk bayi yang memang masih berusia 1-5 tahun, maka Anda bisa memberikannya setengah sdt madu dengan sedikit jeruk nipis, lalu campurkan dengan menggunakan air hangat. Anda dianjurkan untuk memberikan ramun ini kepada si kecil sebelum mereka tidur.

2. Kunyit

Anda juga bisa menggunakan kunyit untuk mengatasi batuk pada anak. Caranya cukup mudah, jika si kecil yang mengalami batuk masih menyusui, maka Anda bisa mengoleskan sedikit bubuk kunyit di bagian payudara ibu sebelum Anda menyusui si kecil.

Selain cara itu, ada juga cara lainnya, yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit tersebut pada susu si kecil. Anda bisa memberikan ramuan ini kepada anak yang memang tengah mengalami batuk, sekitar dua kali dalam satu hari. Mengapa kunyit? Karena kunyit ini mampu mengurangi inflamasi serta mampu memperkuat daya tahan si kecil.

3. Minyak Tradisional

Ramuan alami lainnya yang memang bisa mengatasi batuk pada anak yaitu minyak tradisional. Minyak yang memang banyak variannya ini dinilai mampu membantu si kecil dalam mempercepat proses penyembuhan batuk, seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, ataupun bahkan minyak rosemary.

Walaupun cara penggunaannya tidak di konsumsi, namun cara ini juga di yakini merupakan cara yang efektif untuk membantu si kecil dalam mengatasi batuk. Namun satu hal yang harus Anda ingat, Anda hanya boleh mengoleskan minyak ini di bagian dada si kecil, dan jangan mengoleskannya di bagian wajah si kecil.

4. Bawang Putih

Bawang putih juga di percaya mampu mengatasi batuk pada bayi. Caranya mudah, Anda cukup mengeringkan bawang putih yang telah Anda siapkan, bisa di keringkan dengan cara di panggang atau bahkan di jemur, setelah itu masukkan kedalam kantong kain dan setelah itu simpan di bagian tempat tidur si kecil. Namun untuk menyimpannya jangan terlalu dekat atau berada di tempat yang bisa di jangkau si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517