4 Cara Ampuh dan Praktis Mengatasi Mata Bintitan

Mata bintitan adalah salah satu jenis bisul kecil atau bahkan besar yang umumnya muncul di sekitar mata. Dan bahasa ilmiah dari mata bintitan yaitu hordeolum. Bintitan sendiri merupakan infeksi atau bahkan peradangan yang terjadi pada kelopak mata yang mana bakteri menjadi penyebab utamanya. Dan umumnya, gejala dari mata bintitan yaitu adanya benjolan yang berwarna merah di sekitar kelopak mata Anda, yang kemudian disertai dengan munculnya bintik putih atau bahkan kuning.

Benjolan yang disebut dengan bintitan ini pada dasarnya akan terus membengkak serta menyebabkan mata cepat mengeluarkan cairannya jika tidak segera Anda atasi. Di smaping itu, mata Anda juga akan terasa sangat gatal, juga berpotensi besar dapat mengganggu penglihatan Anda.

Nah, jika seperti itu, bagaimana caranya guna mengatasi mata bintitan? Untuk mengatasi kondisi mata yang bintitan sebenarnya tidaklah begitu sulit, bahkan Anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana yang akan kami ulas pada kesempatan ini. Dan di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi mata bintitan dengan mudah juga efektif, yaitu sebagai berikut:

  1. Cara pertama yang memang bisa Anda lakukan guna mengatasi bintitan pada mata yaitu dengan mengompres bagian mata yang terkena bintitan dengan menggunakan air hangat. Anda hanya perlu menyiapkan handuk bersih kemudian rendamlah dalam air panas. Kemudian, bersihkan area kulit yang bintitan tersebut dan kompreslah dengan menggunakan handuk yang sebelumnya telah di rendam dalam air panas selama 10 menit. Cara ini ampuh guna mengurangi rasa gatal serta mengempeskan bengkak yang terjadi pada mata.
  2. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan zat anti bakteri yang memang bisa mengatasi bintitan yang terjadi pada mata Anda. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu membersihkan mata Anda dengan menggunakan air hangat, kemudian siapkan bawang putih. Setelah itu, haluskan bawang putih tersebut kemudian oleskan pada sekitar kelopak mata yang terkena bintitan.
  3. Setelah itu, Anda juga bisa memanfaatkan daun sirih. Caranya yaitu, siapkanlah beberapa lembar daun sirih yang sudah Anda bersihkan, kemudian rebus sampai airnya mendidih, kemudian angkat dan peraslah daun sirih tersebut. Jika sudah, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membersihkan mata Anda yang terkena bintitan.
  4. Cara lainnya yang memang lebih praktis untuk mengatasi mata bintitan yaitu dengan menggunakan salep antibiotik. Jenis-jenis salep ini memang sudah tersedia di sejumlah apotik, dan Anda hanya perlu membelinya jenis salep tersebut. Salep ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi mata bintitan yang memang disebabkan oleh bakteri.

Nah, itu dia beberapa cara yang memang bisa Anda lakukan guna mengatasi mata bintitan. Jika Anda terkena bintitan, maka sebaiknya Anda segera mengatasinya sebelum bintitan tersebut menyebar pada bagian yang lain.

Related Posts

Share This