4 Cara Aman Merawat Kehamilan Trimester Pertama

Merawat kehamilan trimester pertama merupakan satu hal yang tidaklah mudah, jika kita mengingat adanya beberapa gaya hidup yang berbeda, pola kerja serta jenis makanan yang di konsumsi membutuhkan adaptasi yang baik dengan masa kehamilan Anda. Bukan hanya itu, adanya perubahan fisik juga menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan, dan jika ada perubahan fisik yang malah mengarah ke perubahan abnormal, maka segeralah konsultasikan kepada dokter.

Umumnya, pada trimester pertama kehamilan akan terjadi beberapa perubahan fisik juga psikologis yang memang dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon. Bahkan morning sickness adalam salah satu jenis perubahan yang bisa membuat diri Anda membutuhkan cara yang tepat untuk mengatasi persoalan ini. Perasaan mual yang disertai dengan muntah hampir terjadi setiap hari, baik di pagi, siang atau bahkan malam hari, sehingga Anda akan lebih memilih untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan juga minuman yang Anda rasakan bisa diterima oleh tubuh Anda.

Di bawah ini ada beberapa cara dalam menjaga kehamilan trimester pertama yang bisa ibu hamil lakukan, sehingga Anda bisa terhindar dari sejumlah perubahan abnormal yang bisa mengancam kesehatan Anda juga janin yang ada di dalam kandungan. Yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatikan asupan nutrisi

Di kehamilan trimester pertama, memang bukanlah hal yang mudah untuk tubuh menerima asupan makanan juga minuman, padahal janin yang ada di dalam kandungan sangat membutuhkan nutrisi dari beberapa makanan guna membantu tumbuh kembangnya. Selama kehamilan, nutrisi sangat di butuhkan guna menjaga janin yang ada di dalam kandungan agar Anda bisa terhindar dari keguguran yang sangat rawan terjadi di usia kehamilan trimester pertama. Bahkan di usia kehamilan ini, sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang memiliki kandungan kafein. Bukan hanya itu, sebaiknya Anda juga memperhatikan beberapa jenis makanan yang mengandung bahan pengawet, karena bahan kimia yang terkandung sangat berbahaya untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Pola kerja yang terjadwal

Nah, bagi Anda wanita hamil yang baru saja mendapatkan kehamilan. Maka di trimester pertama kehamilan ini Anda wajib untuk menyesuaikan diri Anda, pekerjaan juga kehamilan, mengingat adanya perubahan fisik serta psikologis yang bisa mempengaruhi perjalanan karir Anda. Ketika Anda mendapatkan kehamilan, sebaiknya Anda bisa menghindari beberapa pekerjaan yang berat. Pekerjaan berat disini bisa diartikan sebagai pekerjaan yang memang bisa menyita waktu istirahat Anda, yang membuat Anda merasa terbebani dengan pekerjaan tersebut, sehingga memicu timbulnya stress.

  1. Mengelola emosi

Di kehamilan Anda yang masih terbilang muda, sebaiknya Anda bisa mengontrol atau mengelola emosi Anda. Dan emosi akan berubah-ubah dengan sendirinya bahkan tanpa adanya sebab yang jelas, dan hal ini dikarenakan adanya pengaruh pengaruh hormon yang tidak seimbang selama masa kehamilan. Dan mengelola emosi merupakan salah satu hal terbaik yang harus di lakukan di trimester pertama kehamilan, apalagi bagi Anda yang memilikipenyakit hipertensi sebelum kehamilan.

  1. Berkonsultasi dengan dokter kandungan/bidan

Anda sangat dianjurkan untuk sesering mungkin berkonsultasi kepada dokter ataupun bidan kandungan, terutama ketika adanya perubahan-perubahan abnormnal yang di alami pada kehamilan Anda. Segera konsultasikan kepada ahli jika Anda mengalami pendarahan pada vagina, mual serta munath yang berlebihan, adanya demam tinggi, serta munculnya keputihan yang di tandai dengan abnormal.

Related Posts

Share This