4 Bahaya Tidur Tengkurap Untuk Kesehatan Juga Kecantikan Anda

Tidur tengkurap. Istirahat atau bahkan tidur merupakan salah satu kegiatan yang memang dibutuhkan oleh setiap orang, dimulai dari bayi, anak-anak sampai orang dewasa juga manula. Waktu yang ideal untuk beristirahat yaitu kurang lebih selama 8 jam untuk setiap harinya di malam hari. Atau bahkan tergantung dengan kebutuhan setiap orang. Dan malam hari merupakan waktu yang cocok untuk Anda beristirahat dan berhenti dari segala bentuk aktivitas harian Anda.

Dan ternyata, tidur juga memiliki banyak posisi, diantaranya seperti posisi terlentang, miring, bahkan tengkurap. Namun diantara posisi tidur tersebut, apakah Anda tahu, bahwa ternyata posisi tidur tengkurap memiliki bahaya yang sangat buruk untuk kesehatan.

Dan di bawah ini ada beberapa bahaya tidur tengkurap yang harus Anda ketahui dan waspadai, yaitu sebagai berikut:

1. Mengganggu Sistem Pernafasan

Tidur dengan posisi tengkurap ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan Anda. Hal ini dikarenakan posisi hidung yang tertutup bantal, sehingga akan menyulitkan Anda untuk melakukan pernapasan. Di samping itu, dada Anda juga akan beralih fungsi untuk menompang bagian tubuh Anda, sheingga dengan posisi tersebut, dada Anda akan lebih tertekan serta membuat nafas Anda menjadi sesak. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk tidak tidur dengan posisi tengkurap, agar sistem pernapasan Anda tetap terjaga dengan baik.

2. Menghimpit Jantung

Posisi tidur tengkurap juga bisa membuat keadaan jantung Anda menjadi terhimpit. Dan hal ini dikarenakan adanya tekanan ketika Anda tertidur. Dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya beberapa gangguan kesehatan terhadap jantung Anda.

3. Pegal – Pegal

Seharusnya, istirahat bisa memberikan Anda perasaan segar juga bugar ketika terbangun di pagi hari. Akan tetapi, dengan posisi tidur Anda yang salah, maka ketika Anda terbangun Anda tidak akan mendapatkan kesegaran juga kebugaran itu. Bahkan, Anda akan merasakan pegal-pegal ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap.

4. Kulit Keriput atau Penuaan Dini

Banyak juga diantaranya para ahli yang menyebutkan, bahwa tidur merupakan beauty sleep. Hal ini dikarenakan tidur dengan kondisi yang lelap dan nyaman bisa membuat kondisi tubuh Anda menjadi segar ketika Anda terbangun. Namun jiika Anda tidur dengan posisi yang salah atau posisi tengkurap, Anda tidak akan mendapatkan beauty sleep ini, namun Anda hanya akan mendapatkan keadaan kulit wajah yang menjadi keriput.

Dan keriput pada wajah bisa terjadi dengan cepat ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap. Dan hal ini akan terjadi ketika kulit wajah Anda bersentuhan secara langsung dengan bantal yang Anda gunakan. Dan kondisi bantal yang memang tidak terjaga kebersihannya bisa menjadi sarang bakteri serta kuman yang bisa menyebabkan wajah menjadi berjerawat juga mengakibatkan penuaan dini.

Related Posts

Share This