3 Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Tips agar anak mau makan. Anak-anak memang cenderung tidak menyukai sayuran. Padahal sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk pertumbuhan anak. kandungan vitamin dan mineral pada sayur sangat tinggi. Salah satu manfaatnya yaitu untuk meningkatkan imun tubuh dan menunjang perkembangan otak. Diamping itu, sayuran juga mengandung serat yang berguna untuk kesehatan pencernaan.

Kebiasaan anak yang tidak mau mengonsumsi sayuran tentunya harus segera diatasi. Hal ini mengingat kandungan nutrisi pada sayur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lalu bagimana cara supaya si anak mau mengonsumsi sayuran? Berikut ini tips dan triknya.

Tips dan Trik Supaya Anak Mengonsumsi Sayuran

  1. Sisipkan Dalam Kudapan Manis

Nah, salah satu cara untuk menyiasati supaya si kecil mau mengonsumsi sayuran yaitu dengan cara menyisipkan kedalam kudapan manis. Anda bisa membuat brownies sayuran dengan kombinasi puree bayam, muffin ubi wortel dan chocolate chip cookies dengan tambahan selai kacang. Jika diolah seperti ini tentunya anak-anak akan lebih tertarik sehingga memperoleh manfaat dari sayur untuk pertumbuhannya.

  1. Olahan Dessert

Kreasikan sayuran menjadi makanan yang lebih menarik dan disukai oleh si kecil. Anda bisa berkreasi dengan membuat smoothies atau menghaluskan ubi dan wortel yang dicampurkan dengan jus jeruk dan yoghurt. Selain itu, kombinasikan bayam, pisang, alpukat dan raspberi menjadi smoothies yang sehat. Kreativitas Anda dalam mengolah sayuran akan membuat anak lebih tertarik dan memperoleh manfaat luar biasa dari sayuran.

  1. Berikan Pengalaman Baru

Supaya si kecil lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran maka Anda bisa membuat tampilan makanan yang Anda sajikan lebih menarik. Salah satu contohnya dengan membuat bentuk sayuran menjadi tokoh kartun dan beri nama yang unik. Nah, dengan begitu maka si kecil akan lebih bersemangat. Bahkan cara ini akan membuat si kecil berimajinasi untukmenumbuhkan minatnya dalam mengkonsumsi sayuran.

Nah, itulah tips sederhana untuk menarik minat si kecil supaya mengkonsumsi sayuran. Pada dasarnya anak-anak menyukai hal-hal yang menarik sehingga dalam hal ini Anda dituntut untuk berkreasi. Jangan menyajikan sayuran dalam bentuk yang biasa-biasa saja karena akan membuat anak malas mengkonsumsinya.

Sajikan sayuran secara beragam setiap harinya. Jangan memberikan menu yang sama karena akan menimbulkan perasaan bosan. Disamping itu, ciptakan suasana makan yang menyenangkan sehingga minat untuk mengonsumsi sayuran akan meningkat.

Jika anak tidak mau mengonsumsi sayuran, jangan memaksanya karena tindakan tersebut justru akan meninggalkan trauma sehingga membuat si kecil tidak akan pernah mau makan sayur. Dalam hal ini kesabaran dan kreativitas Anda sangat dibutuhkan. Lakukan secara perlahan dan jangan terburu-buru. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517