3 Resep Jus Buah Sayur yang Bermanfaat Untuk Penambah Berat Badan Anak

Penambah berat badan. Hi bunda! Mungkin Anda sudah memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil yang sesuai dengan anjuran, namun mengapa bobotnya masih berada di bawah angka normal? Berdasarkan ungkapan dari pakar kesehatan anak, jika Anda telah memenuhi asupan nutrisi si kecil dengan jumlah yang cukup, lengkap juga berimbang, maka bobot juga tinggi tubuh si kecil akan tumbuh dengan ideal dengan mengikuti pola.

Namun jika si kecil masih dinilai kurus dan berat badannya masih berada di bawah angka normal, maka Anda bisa melakukan pengecekan ulang terkait kebutuhan ideal asupan nutrisi harian mereka. Anda juga bisa mengecek, apakah si kecil sering terserang penyakit? Atau apakah tingkat keaktifan si kecil rendah? Karena biasanya jika si kecil sering terserang penyakit, salah satunya penyakit cacingan, maka ia akan sangat susah mendapatkan berat badan yang ideal walaupun nutrisi hariannya bisa tercukupi dengan baik oleh Anda. Maka anda bisa mencukupi nutrisi haris si kecil dengan memberikan makanan penambah berat badan anak.

Menurut Children Grow Up Clinic blog, nutrisi yang menjadi kebutuhan anak yang masih berusia 1-5 tahun yaitu:

  1. Energi: 1000 -1400 kkal
  2. Protein: 25 gram
  3. Kalsium: 500 mg
  4. Zat besi: 8 mg

Dan kebutuhan nutrisi di atas bisa Anda penuhi dengan cara memberikan si kecil makanan penambah berat badan yang memang terdiri dari sayuran, buah-buhan, daging, telur, nasi dan masih banyak lagi. Jika si kecil kurang menyukai untuk mengkonsumsi buah dan sayuran secara langsung, maka sebagai alternative Anda bisa memberikan buah dan sayur dalam bentuk jus.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis jus buah dan sayur yang memang memiliki manfaat untuk mencukupi nutrisi si kecil juga berperan untuk menambah berat badan anak, yaitu sebagai berikut

1.Resep jus alpukat toping gula merah

Bahan:

  1. 100 gram alpukat matang sempurna
  2. 250 ml susu sapi segar atau susu kedelai
  3. 2 buah kurma yang dibuang bijinya
  4. 2 sendok makan gula merah yang telah dicairkan

Cara membuat:

  1. Campurkan alpukat, kurma, dan susu kedalam blender, setelah itu haluskan dengan sempurna
  2. Tambahkan sirup gula merah, setelah itu aduk dengan rata
  3. Tuang kedalam gelas dan siap disajikan.

Dari satu porsi jus alpukat dengan gula merah ini memiliki kandungan 321,9 Kkal, 3,28 gr protein, 11,19 gr lemak, dan 50,05 gr karbohidrat. Bukan hanya itu, jus ini juga sangat kaya akan kandungan vitamin A, kalsium, zat besi serta fosfor.

  1. Resep jus pisang kurma

Bahan:

  1. 100 gram pisang aambon matang sempurna
  2. 2 buah kurma yang telah dibuang bijinya atau 2 sendok makan sari kurma
  3. ΒΌ gelas air matang

Cara membuat:

  1. Blender pisang ambon, kurma, serta air sampai halus
  2. Tuangkan kedalam gelas dan sajikan segera.

Dalam satu porsi jus pisang yang di campur dengan korma ini memiliki kandungan 228,2 kkal, 1,9 gr protein, 1,1 gr lemak, dan 55,8 gr karbohidrat. Bukan hanya itu, jus pisang kurma ini juga memiliki kandungan vitamin A, B1, kalsium serta fosfo yang di butuhkan oleh si kecil untuk membantu tumbuh kembangnya.

  1. Resep jus coco wortel

Bahan:

  1. 100 gram wortel segar, kupas dan cuci bersih
  2. 100 gram daging kelapa setengan tua, di bersihkan bagian kulit arinya
  3. 1 sendok simple syrup yang dibuat dengan melarutkan gula pasir dalam air dengan perbandingan 1:1

Cara membuat:

  1. Proses wortel dan kelapa dengan menggunakan juice extractor, setelah itu tuangkan jus ke dalam gelas.
  2. Tambahkan simple syrup, setelah itu aduk hingga merata dan sajikan dalam keadaan yang masih dingin.

Dalam setiap porsi jus coco wortel ini memiliki kandungan 258,4 kkal, 5,2 gr protein, 15,3 gr lemak, dan 28,7 gr karbohidrat. Selain itu, jus yang sehat ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin A, C, fosfor serta kalsium.

Related Posts

Share This