3 Metode Untuk Mensterilkan Botol Susu Bayi

Kebersihan dari setiap peralatan bayi yang digunakan sehari-hari harus dijaga dengan baik. Hal ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh bayi yang masih lemah dan rentan terkena infeksi virus dan bakteri penyakit. Salah satu peralatan bayi yang harus mendapat perhatian yaitu botol susu, mengingat benda tersebut sering digunakan. Dalam hal ini setiap orangtua harus mengetahui cara mensterilkan botol susu dengan benar.

Cara mensterilkan botol susu sebenarnya tidaklah sulit dan tidak menuntut kemampuan khusus. Yang terpenting Anda mengetahui jenis plastik dari botol tersebut sehingga bisa disterilkan dengan cara yang benar. Ada 3 metode untuk mensterilkan botol susu bayi yaitu dengan metode perebusan, microwave dan sterilisasi air dingin. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

  1. Metode dengan perebusan

Salah satu cara mensterilkan botol susu bayi yaitu dengan menggunakan metode perebusan. Namun sebelum Anda merebus botol bayi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya yaitu jenis plastik yang digunakan sebagai bahan dasar botol tersebut. Apabila botol tersebut menggunakan jenis plastik polikarbonat (PC) maka sebaiknya jangan di rebus karena akan meninggalkan residu yang akan membahayakan kesehatan dan sistem hormone.

Jika botol susu yang digunakan benar-benar aman untuk direbus maka cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menyediakan panci yang berisi air, kemudian masukkan botol hingga benar-benar tenggelam dan pastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalam botol. Rebus botol tersebut kurang lebih 10 menit.

  1. Metode sterilisasi air dingin

Metode sterilisasi dengan air dingin bisa menggunakan alat khusus ataupun menggunakan wadah plastic tertutup. Pastikan alat yang digunakan untuk mensterilkan botol dalam keadaan bersih. Rendam botol hingga benar-benar tenggelam dan tidak ada gelembung udara di dalam botol. Biarkan selama 30 menit perendaman. Disamping itu pastikan tangan Anda dan sikat yang digunakan ketika membersihkan botol dalam keadaan bersih suapay tidak ada kuman yang tertinggal.

  1. Metode microwave

Mensterilkan botol susu bayi mnenggunakan microwave hanya membutuhkan waktu kurang lebih 90 detik. Hindari menutup botol ketika melakukan sterilisasi karena bisa mengakibatkan tekanan. Keuntungan dari sterilisasi menggunakan microwave tidak aka nada bau atau rasa yang tertunggal dari bekas susu. Selain itu jika Anda menyimpan botol setelah sterilisasi dengan wadah tertutup maka akan bertahan lebih lama dari metode sterilisasi yang lain.

Demikian 3 metode sterilisasi botol susu bayi yang bisa Anda lakukan di rumah. Kebersihan menjadi salah satu faktor utama yang menunjang kesehatan dan perkembangan bayi. Semua hal tersebut berawal dari bahan makanan dan peralatan makan yang digunakan setiap hari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517