3 Manfaat Mengkonsumsi Susu Untuk Ibu Hamil

Susu untuk ibu hamil, ternyata memiliki nutrisi penting yang memang di butuhkan oleh ibu hamil. Walaupun sejumlah nutrisi tersebut bisa di peroleh dari jenis makanan yang lainnya, namun mengkonsumsi susu sapi selama masa kehamilan kerap kali dihubungkan dengan kehamilan yang lebih baik, bahkan keadaan bayi yang jauh lebih sehat.

Berdasarkan hasil rekomendasi dari USDA, para wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sapi atau susu ibu hamil sebanyak 3 gelas dalam satu hari. Namun, akan jauh lebih baik lagi jika Anda memilih susu non-fat atau bahkan low-fat. Mengapa? Karena lemak yang terdapat pada susu murni memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup banyak, yang memang tidak baik untuk kesehatan.

Nah, di bawah ini beberapa manfaat susu hamil yang akan Anda peroleh ketika Anda mengkonsumsinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Kalsium

Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang memang sangat penting untuk ibu hamil. Dan jika Anda tidak mengkonsumsi makanan atau bahkan minuman yang kaya akan kalsium seperti susu, maka keadaan tulang Anda akan kehilangan kalsium yang banyak, dikarenakan digunakan untuk mencukupi kebutuhan kalsium si jabang bayi.

Di masa kehamilan, umumnya ibu hamil dnegan usia 19 tahun masih membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap harinya, dan untuk ibu hamil yang berusia di bawah 19 tahun membutuhkan lebih banyak asupan kalsium, yaitu sebanyak 1.300 mg setiap harinya.

  1. Protein

Protein yang terdapat dalam susu ibu hamil ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kehamilan Anda, diantaranya yaitu memperkuat rahim, mampu melancarkan aliran darah, mendukung perkembangan payudara Anda, bahkan membantu dalam perkembangan sejumlah jaringan pada janin dalam kandungan.

Menurut Ohio State University, asupan protein yang tercukupi selama kehamilan juga bisa membantu menambah berat badan si janin serta mampu mengurangi masalah kesehatan kelak pada bayi yang telah lahir.

  1. Vitamin D

Vitamin D juga sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil, karena vitamin D ini memiliki fungsi untuk mencegah terjaidnya berbagai masalah terhadap tulang bayi, bahkan bisa mencegah terjadinya kelahiran bayi prematur dengan keadaan berat yang terlalu ringan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan bumil peroleh ketika bumil mengkonsumsi susu sapi atau susu untuk ibu hamil. Dengan begitu kehamilan Anda akan tetap terjaga kesehatannya.

Karena dengan mengkonsumsi 3 gelas susu setiap harinya selama menjalankan kehamilan, maka Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang memang sangat penting untuk kehamilan Anda juga janin dalam kandungan. Namun jangan lupa, Anda harus memilih jenis susu yang rendah lemak atau bahkan susu yang tidak memiliki kandungan lemak, karena kandungan lemak yang tinggi bisa berpengaruh terhadap kesehatan Anda juga janin dalam kandungan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This