3 Manfaat Daun Seledri yang Sangat Menakjubkan

Manfaat daun seledri. Seledri atau dikenal juga dengan nama ilmiahnya Celery Apium Grafeolens ini adalah tanaman herbal yang memang memiliki tinggi sekitar 25-100 cm. Salah satu jenis tanaman yang juga berasal dari keluarga Umbelliferae bukan hanya dikenal sebagia bumbu masakan yang memberikan aroma yang harum, namun juga memiliki manfaat yang sangatluar biasa untuk kesehatan.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa bagian daun dari tanaman ini sangat kaya akan kandungan vitamin A, sementara itu, untuk bagian batang dari tanaman sleedri merupakan salah satu sumber terbanyak vitamin B1, B2, B6, C serta kandungan mineral lainnya seperti potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium, serta kandungan asam amino esensial.

Karena kandungan yang ada di dalam tanaman seledri inilah yang membuat tanaman seledri memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk keshetana tubuh. Dan berikut ini beberapa manfaat daun seledri yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, yaitu sebagia berikut:

1. Menjaga dan Memperbaiki Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan salah satu bagian organ tubuh yang memang memiliki peranan yang sangat penting guna menyaring sejumlah racun yang ada di dalam darah. Karena ginjal bekerja begitu berat, maka tidak heran jika ginjal sendiri sangat rentan mengalami gangguan kesehatan. Nah, jika Anda ingin kondisi ginjal Anda tetap dalam keadaan yang baik dan bekerja sesuai fungisnya, maka Anda bisa memanfaatkan daun seledri untuk menjaga serta memperbaiki dari fungsi ginjal Anda.

2. Memerangi Kanker

Bukan hanya bermanfaat dalam menjaga fungsi ginjal, daun seledri juga sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker yang menyerang tubuh. Bahkan sebuah study juga menyebutkan, bahwa daun seledri memiliki setidaknya 8 kandungan senyawa yang selalu aktif yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh, diantaranya yaitu kandungan acetylenics dan asam fenolat. Dan kedua kandungan senyawa ini diketahui merupakan senyawa yang aktif dalam menghentikan proses pertumbuhan sel tumor serta mampu menghalangi aksi dari prostaglandin yang memang berperan sebagai pendorong pertumbuhannya sejumlah sel-sel kanker tersebut.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Seledri juga kaya akan kandungan potassium atau kalium yang memang sangat baik dalam mengontrol tekana darah Anda. Walaupun seledri memiliki kandungan natrium, akan tetapi kandungan garam alami ini masih tetap terbilang aman untuk di konsumsi, terutama bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Maka dari itu, ketika Anda mengalami tekanna darah tinggi, Anda bisa mengatasinya dengan mengkosnusmi daun seledri.

Betapa menakjubkannya bukan manfaat dari tumbuhan yang memiliki daun hijau ini? Karena manfaatnya yang sangat besar untuk kesehatan Anda, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi daun seledri. Dan bagi Anda yang memang enggan untuk mengkonsumsi daun seledri, sebaiknya mulai dari sekarang Anda membiasakan diri dengan tumbuhan yang satu ini, apalagi jika mengingat manfaatnya yang sangat luar biasa.

Related Posts

Share This