3 Langkah Mudah Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit paling berbahaya dan menjadi penyebab utama kematian pada wanita. Kanker payudara disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal pada payudara. Pada kebanyakan kasus, kanker payudara terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut atau kondisi yang sudah parah. Hal ini karena banyak wanita yang tidak mengetahui/menyadari tanda-tanda awal dari kanker tersebut.  Deteksi dini kanker payudara sangat penting untuk menekan resiko kematian pada wanita akibat penyakit ganas tersebut.

Menurut ahli kesehatan menyatakan bahwa satu dari delapan wanita beresiko terkena kanker payudara dan kebanyakan tidak menyadari tanda-tanda awal dari kanker tersebut. Pengetahuan tentang cara deteksi dini kanker payudara sangat penting untuk memberikan penanganan lebih awal dan mencegah kondisi yang lebih parah. Untuk melakukan pemeriksaan payudara sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri dalam waktu singkat.

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan payudara yaitu seminggu setelah Anda menstruasi. Untuk mengenal kanker payudara secara dini berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Menyentuh

Langkah pertama untuk mengenal kanker payudara secara dini yaitu dengan melakukan sentuhan pada payudara. Cobalah untuk memeriksa payudara pada waktu yang berbeda yaitu setelah menstruasi atau sedang menstruasi. Penting sekali untuk mengetahui kondisi normal pada payudara Anda dengan cara mengangkat lengak kanan lurus keatas, posisi siku ditekuk sehingga posisi tangan kanan berada dibelakang kepala. Sentuh dengan teliti mulai dari bagian luar payudara menggunakan jari dengan gerakan melingkar. Benjolan khas yang disebabkan oleh kanker payudara yaitu keras, tidak teratur dan terasa sakit. Ulangi gerakan yang sama untuk payudara sebelah kiri.

  1. Menelusuri/mencari

Langkah selanjutnya untuk mendeteksi kanker payudara yaitu dengan teknik mencari. Posisikan badan Anda untuk berbaring terlentang menggunakan bantal atau handuk dibawah satu bahu. Kemudian masukkan lengan yang ada di bawah kepala Anda dan mulailah untuk memeriksa payudara satu per satu. Jika Anda memulainya dari payudara sebelah kanan, maka letakkan bantal dibawah bahu kanan kemudian angkat lengan kanan dan tempatkan di belakang kepala. Periksa payudara menggunakan tangan kiri. Mulailah untuk mencari pernbedaan di sekitar payudara dan area ketiak. Selain itu, Anda juga bisa mencarinya ke sekitar puting, rasakan setiap perbedaannya.

  1. Melihat

Setiap wanita memang memiliki payudara dengan ukuran yang berbeda antara payudara kiri dan kanan. Dalam hal ini yang harus Anda perhatikan adalah perubahan garis, ukuran dan bentuk payudara, terutama ketika Anda mengangkat tangan atau payudara. Apabila anda mendapati darah yang keluar dari puting maka harus diwaspadai, terlebih lagi jika darah tersebut keluar diluar fase menyusui. Perbedaan yang jelas terlihat yaitu pada bagian puting yaitu jika ditarik maka puting akan tenggelam atau tidak kembali pada posisi awal.

Nah, demikian langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam mendeteksi dini kanker payudara. Jika mendapati tanda-tanda dan perbedaan yang janggal maka segera berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan penanganan yang lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517